Mengenal Rumput Hairy Panic Alias Rumput Penyihir


Pertanianku — Gulma berupa rumput liar tumbuh dengan sangat tidak terkendali di sebuah kota di timur laut negara bagian Victoria, Australia, yakni rumput hairy panic. Gulma itu bahkan menutup akses warga setempat untuk memasuki rumah mereka. Mari mengenal rumput hairy panic secara singkat.

mengenal rumput hairy panic
Foto: Google Image

Ada lebih dari 40 spesies asli dan spesies pendatang dari rumput ‘hairy panic’, atau panicum, di Australia.

Pakar tanaman dan gulma dari Charles Sturt University, Leslie Weston mengatakan bahwa gulma itu cocok sekali dengan musim panas di Australia dengan suhu udara yang tinggi. Rumput liar ini ditemukan di padang rumput dengan tingkat penggembalaan ternak berlebihan dan ladang yang belum ditumbuhi rumput.

Penelitian oleh Profesor Leslie Weston menunjukkan, spesies pendatang dari ‘hairy panic’ ini telah menyebar lebih cepat selama satu dekade terakhir, masuk ke Australia Selatan, Victoria, New South Wales dan Queensland.

Dia mengatakan, Panicum hillmanii ditemukan di dekat timur laut Victoria dan Riverina. Spesies ini didatangkan dari Amerika Selatan. “Ini dikembangkan sebagai tanaman untuk menggembalakan ternak, tetapi di sini kami telah menemukan bahwa spesies panicum adalah gulma yang berbahaya,” katanya.

“Mereka menyebabkan masalah keracunan pada ternak, dan mengakibatkan iritasi pada telinga, mata pada domba, sapi dan kuda yang merumput di atasnya, dan juga dalam beberapa kasus menyebabkan kematian,” tambah Weston.

Profesor Leslie Weston mengatakan, herbisida serta pengembalaan bergilir dan pembuangan yang hati-hati dapat membantu mencegah gulma ini menyebar lebih jauh.

“Sebagai bagian dari proyek kami, kami sedang mengkaji sejumlah strategi. Karena gulma itu tersebar luas, kami harus melihat pada pengelolaan rumput ini dalam skala yang lebih luas,” tutur Weston.

Baca Juga:  Tikus Ikut Andil pada Kerusakan Terumbu Karang, Kok Bisa?