Mengenal Sayuran Compositae

PertaniankuSayuran Compositae merupakan tanaman sayur yang berbentuk rumput atau semak dengan akar tunggang. Akar samping tanaman ini banyak dan dangkal. Bunga tanaman tersusun dalam rangkaian yang berbentuk bonggol (karangan) yang terletak di bagian ujung tangkai panjang seperti bunga matahari.

sayuran compositae
foto : pertanianku

Bunga tanaman ini tidak berdaging, tetapi berbulu tajam. Daun mahkota tanaman lepas dan berwarna kuning. Bagian biji tanaman terbungkus oleh kulit buah. Bentuknya pipih dan berwarna putih keabu-abuan. Biji tanaman kering dan saling melekat satu sama lain karena berbulu.

Jenis sayuran Compositae yang paling dikenal adalah selada (lactuca) dan tempuyung (sonchus). Selada tumbuh baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Loading...

Selada atau Lactuca sativa L. merupakan tanaman yang termasuk famili Compositae. Selada merupakan tanaman semusim, dengan bunga tanaman yang mengumpul di dalam tandan dan membentuk sebuah rangkaian.

Selada sering disajikan dalam kondisi segar sebagai sayur pendamping atau lalapan. Daun selada mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin A, B, dan C.

Ada tiga jenis selada yang bisa Anda jumpai, yaitu selada mentega, selada tutup, dan selada potong. Selada mentega merupakan selada yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya lunak dan enak.

Selada mentega juga memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis selada lainnya, seperti tidak mudah rusak sehingga dapat dikirim untuk jarak yang jauh.

Jenis selada lainnya yang bisa Anda jumpai adalah selada air atau Nasturtium officinale R.Br. Namun, selada ini masuk famili Crucifeae (Brassicaceae). Tanaman selada air tumbuh menjalar seperti kangkung dan biasanya dijumpai di rawa-rawa.

Tahukah Anda, ada tanaman yang menyerupai sayuran selada, mulai dari syarat tumbuhnya hingga cara menanam. Tanaman tersebut adalah andewi atau Cichorium endevi L. Perbedaan antara andewi dan selada dari rasanya. Daun andewi terasa pahit. Selain itu, daun andewi keriting, tetapi ada juga yang halus serta lebar.

Baca Juga:  Varietas Unggul Aren Genjah Kutai Timur

Selada cocok ditanam di akhir musim hujan, seperti pada Maret atau April. Namun, selada juga bisa ditanam saat musim kemarau, asalkan mendapatkan air yang cukup.

Loading...
Loading...