Mengenal Sayuran Vertikultur

Pertanianku – Sayuran merupakan komponen makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Fakta menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran, tubuh akan lebih sehat, bugar, dan membuat kulit terlihat bersih.

Sayuran Vertikultur

Seiring berjalannya waktu danmeningkatnya taraf hidup masyarakat, kesadaran untuk mengonsumsi sayuran juga semakin meningkat. Hal ini karenamemang di dalam sayuran banyak terkandung gizi yang dapat memenuhikebutuhan nutrisi tubuh. Meningkatnyajumlah masyarakat yang hanya gemar memakan sayuran atau biasa disebutvegetarian membuat sayuran ikut menjadi salah satu kebutuhan utama. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin harga sayuran di pasaran menjadi mahal. Dengan demikian, tak adasalahnya bila saat ini mulai dipikirkan caranya menghasilkan sayuran sendiri.


Loading...

Keberadaan lahan pekarangan rumah yang “menganggur” sebenarnya sangat potensial dimanfaatkan untuk menanam sayuran.Sayuran yang nantinya dipanen dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga atau jika hasilnya berlebih, bisa dijual. Saatini, sudah cukup banyak ibu rumah tangga yang menanam sayuran di lahan yang terbatas, antara lain dengan metode vertikultur atau penanaman bertingkat.

Keuntungan lain dari menanam sayuran sendiri adalah bisameniadakan penggunaan pestisida sehingga aman untuk dikonsumsi Seperti diketahui, pada umumnya aktivitas bercocok tanam tidak pernah terlepas dari penggunaan bahan kimia yang memang dimaksudkan untuk pemupukan, perangsangan tumbuh, ataupun untuk pengendalian hama dan penyakit. Namun, penggunaan bahankimia tersebut sangat berisiko karena adanya kandungan residu yangtersisa pada hasil sayuran yang dipanen. Cara penananaman sayuran secara vertikultur merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih untuk memulai usaha memanen sayuran dari rumah.

Baca Juga:  Berkebun di Perkotaan Juga Bisa Gunakan Wadah Ini
Loading...
Loading...