Mengenal Segudang Manfaat Pare

Pertanianku – Pare merupakan tanaman sayur yang terasa pahit. Namun, sebagian orang menyukai rasa dari tanaman satu ini. Di luar negeri pare memiliki nama bitter melon atau bitter gourd. Namun, perlu Anda ketahui jika sayuran yang memiliki citarasa pahit ini justru sumber pengobatan.

Mengenal Segudang Manfaat Pare

Penelitian tentang khasiat pare ini sudah lama ada namun baru mulai mendapat perhatian di dunia kesehatan barat, seperti yang dilansir dari laman livestrong manfaat pare antara lain untuk mengobati masalah kulit, perut hingga mengobati diabetes.

Manfaat pare dalam satu buah memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti kalsium, karoten, riboflavin, sumber zat besi yang baik, magnesium, fosfor, potassium, vitamin B6, dan asam folat. Lutein dalam pare sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, rambut, kulit dan syaraf.

Kandungan hipoglikemiknya membuat pare terkenal di kalangan penderita diabetes karena kandungannya yang mirip dengan insulin mampu menurunkan tingkat gula darah. Biasanya pare dibuat jus atau direbus lalu dimakan atau dibuat ekstraknya oleh penderita diabetes.

Pada 2003 lalu di Kyoto Jepang sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan menyatakan bahwa pare mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan. Sayuran satu ini ternyata mengandung anti-peradangan yang dapat menyebabkan perubahan dalam sistem kekebalan, mengurangi jumlah limfosit, meningkatkan jumlah sel Th dan NK dalam tubuh yang berguna bagi tubuh dalam melawan kanker.

Baca Juga:  Kiat Memilih Media Tanam yang Bagus untuk Sayuran