Mengenal Senyawa Capsaicin pada Cabai


Pertanianku – Capsaicin merupakan senyawa serba guna yang terdapat di cabai. Capsaicin ini diperkirakan memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Berikut beberapa khasiat capsaicin.

Mengenal Senyawa Capsaicin pada Cabai

  1. Capsaicin berguna untuk kesehatan jantung

Saat Anda mengonsumsi capsaicin, capsaicin akan merangsang sistem kardiovaskular di dalam tubuh Anda untuk menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol. Selain itu, capsaicin juga berguna untuk mencegah arteriolosclerosis.

Capsaicin diperkirakan mampu mencegah kerusakan jantung saat seseorang mengalami serangan jantung. Namun, meskipun capsaicin dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol, hal tersebut hanya berlaku bagi orang yang memiliki tekanan darah dan tingkat kolesterol normal.

Apabila seseorang memiliki tekanan darah dan tingkat kolesterol yang tinggi, orang tersebut tidak dianjurkan untuk mengonsumsi capsaicin terlalu banyak.

  1. Capsaicin dapat menyembuhkan diabetes

Saat ini, capsaicin sudah digunakan oleh para penderita diabetes untuk terapi. Meskipun sampai sekarang terapi tersebut belum dapat menyembuhkan diabetes secara total, mungkin suatu saat nanti akan berkembang cara lain penggunaan capsaicin untuk mengobati diabetes secara keseluruhan.

  1. Capsaicin dapat menyembuhkan kanker

Berkaitan dengan kanker, yang bisa dilakukan oleh manusia sampai saat ini hanyalah mencegah kanker, belum bisa mengobati kanker. Namun, capsaicin ini mungkin dapat digunakan untuk menyembuhkan kanker suatu hari, karena capsaicin terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tikus.

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti
loading...
loading...