Mengenal Si Rambut Merah Cacing Sutera


Pertanianku – Seiring dengan perkembangan teknologi budi daya perikanan dewasa ini, menyebabkan pakan menjadi salah satu masalah serius bagi para pelakunya. Salah satu pakan yang menjadi kebutuhan utama pada awal budi daya adalah pakan alami cacing sutera, terutama segmen pembenihan yang memegang kunci dari semua unit kegiatan perikanan. Untuk menjamin kontinuitas usaha pembenihan tersebut, cacing sutera menjadi kebutuhan utama karena nutrisinya cukup lengkap dan sesuai dengan bukaan mulut larva/benih. Kandungan proteinnya yang lebih dari 57% sangat dibutuhkan oleh ikan dalam memacu pertumbuhannya (Priambodo dan Wahyuningsih, 2001). Pakan alami cacing sutera juga dibutuhkan dalam industri ikan hias.

Aspek Sosial Budi Daya Cacing Sutera

Selain dapat memenuhi kebutuhan gizi, cacing sutera dipercaya dapat memunculkan pigmen warna dalam tubuh ikan hias. Kemajuan teknologi budi daya perikanan yang ada, baik ikan hias maupun ikan konsumsi, tidak diikuti oleh keberhasilan dalam pengembangan teknologi pemeliharaan larva, yang dalam hal ini adalah masih tingginya tingkat mortalitas. Salah satu penyebab tingginya kematian larva/benih adalah masih rendahnya penguasaan teknologi penyediaan pakan alami.

Berdasarkan hal itu, salah satu solusi alternatifnya adalah mencari pakan alami yang harganya relatif murah dan mudah dibudidayakan, tetapi kandungan nutrisinya lengkap. Selain itu, pakan alami tidak mudah busuk sehingga mengurangi penurunan kualitas air.

Cacing sutera menjadi salah satu pakan alami yang banyak digunakan oleh para breeder ikan konsumsi dan hias. Pakan alami yang sering disebut cacing rambut ini sangat disukai oleh larva/benih yang biasanya diberikan dalam keadaan masih hidup atau segar. Pemilik nama latin Tubifex sp. inicukup mudah dijumpai, terutama di saluran air yang mengandung banyakbahan organik. Kemampuannya beradaptasi pada kualitas air yang buruk membuat cacing sutera bisa hidup di segala jenis perairan mengalir, bahkan pada perairan tercemar sekalipun. Berbagai keunggulan ini membuatnya menjadi primadona dalam dunia pembenihan. Oleh karena keberadaannya yang masih dari alam, ketersediannya belum mencukupi kebutuhan hatchery ikan yang ada.

 

 

Sumber: Buku Beternak Cacing Sutera Secara Modern

 

loading...
loading...