Mengenal Sifat Botani Pepaya

Pertanianku – Tanaman pepaya berbentuk perdu yang tingginya mencapai 3 m. Semua bagian tanaman pepaya bergetah putih yang mengandung papain. Pada ruas batang terdapat mata yang mampu tumbuh menjadi tunas cabang baru.

Mengenal Sifat Botani Pepaya

  1. Daun dan batang

Daunnya bercangap (berlekuk) menjari dengan tangkai daun yang panjang dan berlubang. Batangnya berongga karena intinya berupa sel gabus. Berbatang lunak berair. Bekas kedudukan tangkai daun meninggalkan tanda seperti ruas. Pada musim hujan ruasnya panjang, sedangkan pada musim kemarau ruasnya pendek sesuai dengan kecepatan pertumbuhan tanaman.


Loading...

2. Bunga

Bunga keluar dari ketiak daun, tunggal atau dalam rangkaian. Bunganya ada yang berkelamin tunggal (betina/putik atau jantan/benang sari saja) atau berkelamin sempurna (hermafrodit) yang mempunyai putik dan benang sari yang fertil. Dengan demikian, ada pohon betina, pohon jantan (pepaya gantung), dan pohon sempurna sesuai dengan bunga yang dikandungnya. Pepaya tergolong penyerbuk silang dengan perantaraan angin. Bunganya berbentuk terompet kecil. Mahkota bunga berwarna kekuningan Serangga (lebah) tidak senang mengunjungi bunga pepaya karena getah pepaya bisa mematikan. Akibatnya, biji pepaya akan selalu menghasilkan tanaman yang beragam.

3. Buah

Buahnya bergetah. Getahnya semakin hilang pada saat mendekati tua (matang). Getah pepaya (dari buah, daun, maupun batang) mengandung papain yang bersifat proteolitik (merombak protein).

Buah pepaya berbiji banyak dalam rongga buah yang lebar. Biji-biji tersebut ada yang berwarna hitam (fertil) dan ada yang berwarna putih (abortus, tidak tumbuh). Bila biji hitam ditanam akan menghasilkan 25—50% jenis pepaya sempurna, tergantung asal pohonnya. Pohon pepaya betina umumnya hanya menghasilkan sekitar 50% pohon pepaya sempurna saja. Sementara itu, pohon pepaya sempurna menghasilkan sekitar 50% pohon pepaya sempurna, sisanya adalah pohon pepaya jantan dan yang tidak normal (mati). Menurut percobaan, biji-biji yang terdapat pada bagian tengah hingga ujung buah pepaya sempurna lebih banyak menghasilkan pohon pepaya sempurna.

Baca Juga:  Tips Menyimpan Buah Jeruk Pascapanen

Buah dari bunga sempurna berbentuk panjang. Buah dari bunga betina berbentuk bulat hingga oval dengan daging tipis.

4. Akar

Mempunyai akar tunggang dan akar samping yang lunak dan agak dangkal. Akar pepaya tumbuh panjang, cenderung mendatar. Jumlahnya tidak banyak dan lemah.

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Loading...
Loading...