Mengenal Sifat Botani Jambu Air


Pertanianku – Tanaman jambu air banyak variasinya. Pada umumnya, tinggi pohonnya menjulang sampai lebih dari 8 m, kayunya keras, tidak pernah digunakan untuk bahan bangunan, tetapi untuk kayu bakar. Percabangan banyak tumbuh mendatar sampai condong ke atas, mulai bercabang dekat dengan permukaan tanah.

jambu air

  1. Daun dan batang

Daunnya lebar, ujungnya meruncing, duduk saling berhadapan dua-dua pada tangkai bersama atau anak ranting. Warna daun hijau muda sampai hijau tua, tergantung varietasnya. Lebar percabangan (kanopinya) dapat menjadi petunjuk habitus tanaman antara 4—6 m (diameter tajuk). Habitus tanaman seperti payung sehingga bagus untuk peneduh di pekarangan rumah. Tanaman menpunyai akar tunggang dalam dan akar samping agak dalam pula.

2. Bunga

Bunganya muncul tunggal atau bergerombol dari beberapa kuntum pada cabang dan ranting, berkelamin sempurna (hermaphroditus).

3. Buah

Buah umumnya berbentuk seperti bohlam lampu (bagian pangkal kecil dan bagian ujung lebar seperti gasing). Berdaging lunak, banyak sekali mengandung air. Jumlah biji 0—4 dalam ruangan tergantung jenisnya. Salah satu dari biji tersebut, umumnya lebih besar dari biji yang lainnya dan mampu tumbuh lebih dari satu tunas (dua) yang disebut “poliembrioni”, tunas yang satu hasil perkawinan (pembuahan) yang lain tidak dibuahi (vegetatif atau nucellus). Tunas nucellus mempunyai sifat seperti induknya. Sedangkan yang lainnya yang dibuahi bersifat generatif, selalu memecah bila ditanam (segregasi).

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

 

Baca Juga:  Cara Bertanam Paprika dengan Sistem Hidroponik