Mengenal Sifat Botani Rambutan


Pertanianku – Rambutan merupakan buah-buahan tropis bertipe iklim basah. Berbentuk pohon, tingginya mencapai 7 m. Kayunya keras, tanaman mudah terbakar walaupun daunnya masih segar.

  • Daun dan batang

Tanaman bercabang banyak dengan arah cenderung mendatar (horizontal). Mahkota daun rimbun, tetapi pada musim kemarau daunnya mudah gugur sehingga mengotori permukaan tanah. Daunnya mengandung minyakterpentin sehingga mudah sekali terbakar walaupun masih hijau. Letak daun berhadapan pada tangkai. Lebar daun sempit. Daun berukuran kecil dan panjang dengan ujung meruncing. Daun rambutan kapulasan selintas mirip daun lengkeng, yakni kecil panjang. Bedanya adalah ujung daun rambutan kapulasan lebih runcing.

  • Akar

Tanaman ini berakar tunggang dan akar samping, tetapi tidak sekuat lengkeng, walaupun termasuk keluarga dekat.

  • Buah

Buahnya besar, berbentuk bulat hingga lonjong. Buah matang di antaranya berwarna kuning, merah, dan hijau kekuningan, tergantung varietasnya. Daging buah berwarna putih kekuningan dan berair yang disebut ”sarcotesta”. Buah berbiji satu. Kulit biji umumnya melekat pada daging buah sehingga mengganggu rasa buah rambutan tersebut. Tipe rambutan yang daging buahnya dapat dilepas dari bijinya disebut ngelotok. Rasa daging buah ada yang asam hingga manis sekali. Kulit biji yang terlepas dari biji dan ikut melekat pada daging buah memberikan rasa yang kurang enak dan kasar serta sukar dicerna dalam perut. Kulit buah berbulu pendekhingga berbulu panjang. Rambutan yang tidak berbulu, hanya berbenjol kecil seperti leci disebut rambutan babat atau kapulasan (Nephelium mutabile).

  • Bunga

Bunga rambutan terdapat dalam rangkaianyang muncul pada ujung cabang (ujung tunas samping) yang disebut pseudo  terminal dan terminal. Terdapat tiga macam bunga rambutan yang mirip dengan lengkeng, yakni bunga jantan, bunga betina, dan bunga hermafrodit. Pada dasarnya tanaman menyerbuk silang dengan penyerbuk (polinator) lebah lanceng (trigonoid).

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kakao dengan Cara Ini

 

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

loading...
loading...