Mengenal Sifat Dasar Anjing


Pertanianku – Memelihara hewan peliharaan di rumah seperti anjing bukan sebatas memberinya makan, memandikan, atau sekadar untuk bermain. Banyak hal yang harus dipertimbangkan secara matang sebelum Anda memutuskan untuk memelihara anjing. Salah satunya adalah biaya yang mencakup ruang tinggal, perawatan, pemeliharaan, bahkan biaya untuk ke dokter. Untuk memutuskan jenis anjing yang akan dipelihara pun tidak mudah.

Mengenal Sifat Dasar Anjing

Tidak ada salahnya sebelum membeli jenis anjing apa yang akan dipelihara, sebaiknya Anda mengetahui kekurangan, kelebihan, karakter, kondisi kesehatan, dan aspek lainnya. Dalam memilih anjing mana yang akan dipelihara, Anda jangan sampai sembarangan. Jangan karena Anda menyukainya saat pertama kali melihat bentuk fisiknya yang gagah, dan memiliki warna yang bagus. Jika salah memilih anjing, justru bisa menjadi bumerang bagi Anda nantinya.

Jika telah menjatuhkan pilihan, Anda perlu mengetahui sifat dasar anjing yang akan dipelihara nantinya. Terlebih, Anda harus mengetahui sifat dasar induk anjing yang akan menurun kepada anak-anaknya. Pada umumnya, sifat dasar anjing cenderung berbeda satu dengan lainnya. Misalnya saja, meskipun berasal dari induk yang sama, seringkali beberapa ekor anak anjing menunjukkan sifat yang berbeda satu sama lain. Ada anak anjing yang berani, tetapi ada beberapa anak anjing yang terlihat penakut. Berikut beberapa sifat dasar anjing yang wajib Anda ketahui.

  1. Karakter anjing

Setiap anjing memiliki karakter tersendiri. Secara penampilan, seekor anjing bisa terlihat sangat menarik, tetapi belum tentu memiliki sifat dan karakter yang sesuai dengan harapan Anda. Seseorang yang ingin memelihara anjing harus memilih jenis anjing yang sesuai dengan gaya hidup, preferensi, dan harapannya.

  1. Anjing memiliki sifat temperamen

Jika berbicara tentang psikologi, sifat temperamen anjing tampaknya banyak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tempat anjing tersebut tumbuh. Anjing yang tumbuh besar di lingkungan ‘ramai’ dan bergaul dengan orang dewasa, anak-anak, anjing lain, dan kucing, cenderung menjadi anjing yang bersahabat. Sementara itu, anjing yang tumbuh di jalan tanpa ‘keluarga’ akan cenderung liar.

  1. Anjing memiliki komitmen
Baca Juga:  Pakan Alternatif untuk Mendongkrak Produksi Susu Kambing

Dalam sehari, berapa banyak waktu yang diberikan untuk anjing peliharaan Anda? Hal ini sangat penting karena anjing butuh perhatian dan kasih sayang dari pemiliknya. Itu pun belum termasuk waktu untuk merawat dan melatihnya. Sediakan waktu luang Anda untuk mengajaknya jalan-jalan setiap hari. Jika keputusan untuk memelihara anjing sudah bulat, sebagai pemilik, Anda harus berkomitmen pada anjing peliharaan tersebut untuk menjadi teman hingga 10–15 tahun mendatang.

Itulah beberapa sifat dasar anjing yang perlu diketahui, jika Anda tertarik untuk memelihara anjing di rumah.

Sumber: Buku Anjing

loading...
loading...