Mengenal Sisik di Badan Arwana


Pertanianku – Badan arwana tertutup oleh kulit. Secara umum, kulit berfungsi sebagai pembungkus/penutup tubuh, alat pertahanan pertama terhadap serangan penyakit dan parasit, alat penyesuaian terhadap kondisi lingkungan, alat ekskresi dan osmoregulasi, serta sebagai alat pernapasan tambahan.

Badan Sisik Arwana

Kulit tersebut terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan epidermis dan lapisan endodermis. Epidermis merupakan lapisan yang menutupi badan arwana di bagian luar. Lapisan ini terbilang tipis dan akan selalu berganti. Epidermis terbentuk atas sel-sel getah yang menghasilkan lendir (mucus) pada permukaan badan ikan.

Lendir berfungsi melindungi permukaan  badan arwana atau menahan masuknya parasit yang menyerang arwana. Lendir juga berperan mencegah gesekan badan dengan air, mempercepat gerakan, mencegah keluar-masuk air melalui kulit, mencegah infeksi, dan menutup luka.

Lapisan endodermis berada di bawah epidermis, lebih tebal, dan merupakan tempat terbentuknya sisik. Lapisan ini terdiri dari serat-serat yang dipenuhi sel, pangkal sisik, urat-urat darah, dan sel warna.

 

Sumber: Buku Arwana

 

Baca Juga:  Tingkatkan Potensi Ikan Hias Lewat Nusantara Aquatic (Nusatic)
loading...
loading...