Mengenal Sistem Pencernaan Ayam

Pertanianku – Sistem pencernaan ayam dibantu oleh alat-alat pencernaan yang terdiri dari paruh, rongga mulut, kerongkongan, tembolok, lambung dengan getahlambung, perut besar, usus, dan kloaka. Proses pencernaan pakan sebagai berikut.

Mengenal Sistem Pencernaan Ayam

– Ayam mematuk pakan dengan menggunakan paruhnya. Pakan masuk ke rongga mulut, kemudian di dorong dengan lidah masuk ke kerongkongan. Dari kerongkongan ini, pakan masuk ke tembolok.

Loading...

– Tembolok ini berbentuk kantong tipis yang berfungsi sebagai tempat penampungan pakan sebelum terjadi proses pencernaan selanjutnya. Untuk mengetahui nafsu makan ayam, tembolok ayam diraba dari luar tubuh ayam. Pada dinding tembolok terdapat kelenjar yang mengeluarkan getah yang berkhasiat melunakkan pakan selama berada di dalam tembolok.

– Kemudian, pakan masuk ke proventrikulus yang memiliki enzim pepsin yang memulai terjadinya pencernaan protein. Proventrikulus bentuknya kecil dan pakan tidak dapat tersimpan lama di tempat tersebut. Di dalam proventrikulus terkandung enzim-enzim yang membantu prosespencernaan sederhana. Selain pepsin, ada juga lipase (pencernaan lemak) dan amylase (pencernaan karbohidrat).

– Dari proventrikulus, pakan masuk kegizzard (ampela). Di sini pakan digiling dan dihancurkan. Ampela berwarna  merah, bentuknya bulat dengan dinding berotot sangat tebal dan kuat. Pada bagian dalamnya terdapat lapisan kulit yang keras dan kuat berwarna kuning yang dapat dilepas dari ampela bila ayam disembelih. Lapisan kulit yang keras dan kuat  tersebut berfungsi sebagai alat penggiling pakan dengan bantuan kontraksi otot ampela yang dibantu oleh grit (butiran-butiran kerikil) yang dimakan ayam. Pakan yang telah lumat halus disalurkan keluar dari ampela menuju usus halus.

– Pakan mengalami proses pencernaanlebih lanjut di usus halus denganbantuan kelenjar pankreas yang dikeluarkan oleh pankreas dan  terdapat sejajar dengan bagian atas usus halus (usus dua belas jari/ duodenum). Dengan adanya urat-urat darah yang terdapat di dalam usus halus, sari-sari pakan termasuk vitamin dan mineral diserap tubuh dan sisa / ampasnya disalurkan ke usus besar. Panjang usus halus ayam dewasa kurang lebih 1,5 m.

Baca Juga:  Manfaat Beternak Sapi di Dekat Kebun Sawit

– Di usus besar yang panjangnya kurang lebih 10 cm terjadi penyerapan air yang berasal dari proses pencernaan di usus halus. Dari usus besar, sisa pakan disalurkan ke kloaka.

– Kotoran bersama air kencing ayam yang berasal dari ginjal dikeluarkan dari kloaka menuju anus, selanjutnya dikeluarkan dari tubuh ayam.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Ayam

Loading...
Loading...