Mengenal Sistem Pernapasan Arwana


Pertanianku – Pernapasan adalah proses pertukaran CO2 (yang merupakan sisa-sisa proses metabolisme tubuh yg harus dibuang) dengan O2 (yang berasal dari air, dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme). Organ tubuh utama yang berfungsi dalam sistem pernapasan adalah insang, paru-paru dan labirin. Insang terdiri dari tulan lengkung, tulang tapis insang, dan daun insang.

Sistem Pernapasan Arwana

Tulang lengkung insang berfungsi sebagai tempat melakatnya tulang tapis insang dan daun insang, mempunyai banyak saluran-saluran darah dan saluran syaraf. Tulang tapis insang berfungsi dalam sistem pencernaan untuk mencegah keluarnya organisme makanan melalui celah insang.

Sementara daun insang berfungsi sebagai dalam sistem pernapasan dan peredaran darah dan tempat terjadinya pertukaran gas O2 dengan CO2. Pertukaran gas CO2 dan O2 terjadi secara difusi, ketika air dari habitat yang masuk melalui mulut terdorong ke arah daerah insang. O2 yang banyak dikandung di dalam air akan diikat oleh hemoglobin darah, sedangkan CO2 yang dikandung di dalam darah akan dikeluarkan ke perairan. Darah yang sudah banyak mengandung O2 kemudian diedarkan kembali ke seluruhorgan tubuh dan seterusnya.

 

Sumber: Buku Arwana

 

Baca Juga:  Tingkatkan Potensi Ikan Hias Lewat Nusantara Aquatic (Nusatic)
loading...
loading...