Mengenal Sistem Pertanian Nirlimbah


Pertanianku – Sistem pertanian nirlimbah memang belum familiar di telinga masyarakat. Namun, tahukah Anda, dengan mengaplikasi sistem pertanian tersebut dapat memacu tingkat produktivitas tanaman.

Sistem yang mengintegrasikan siklus biologi dan tanpa limbah ini mampu memberikan keuntungan yang lebih bila dibandingkan dengan sistem pertanian intensif monokultur yang banyak digunakan oleh petani selama ini.

Sistem pertanian monokultur dengan penggunaan pupuk kimia membuat bahan organik tanah terkuras. Selain itu, resistensi organisme pengganggu tanaman akan meningkat, dengan diversitas organisme menurun dan jumlah musuh alami yang sedikit. Akibat sistem tersebut membuat margin keuntungan petani mengecil.

Sistem pertanian ini memadukan sinergi unsur tanaman dengan hewan dalam satu siklus biologis. Hewan-hewan musuh alam dibiarkan hidup dengan seimbang, tetapi tentu saja harus dilakukan pengontrolan habitatnya.

Dengan menerapkan sistem pertanian ini, limbah hasil pertanian juga harus dimanfaatkan. Sistem ini akan meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja dan penggunaan komponen produksi dan mampu mengurangi risiko kegagalan. Penerapan sistem ekologi pertanian dirasa akan mengurangi penggunaan pupuk sintesis secara keseluruhan dan produktivitas tanaman pun akan meningkat pesat.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas Kedelai, Petani Mulai Terapkan Teknologi
loading...
loading...