Mengenal Standar Kualitas Binuang

Pertanianku – Warna kayu binuang beragam. Kayu teras binuang bini berwarna cokelat pucat, cokelat kekuning-kuningan sampai kelabu kecokelatan, kadang-kadang agak merah jambu. Batas agak jelas dengan kayu gubal yang berwarna putih sampai putih kekuning-kuningan. Kayu binuang bini memiliki tekstur yang agak kasar sampai kasar dengan arah serat berpadu.

Standar Kualitas Binuang

Permukaan kayu agak kesat pada bidang tangensial atau berselang-seling antara agak licin dan kesat pada bidang radial. Kayu binuang bini memiliki berat jenis kering udara maksimum 0,48; minimum 0,16; dan rata-rata 0,33. Sifat kekerasan kayu binuang bini sangat lunak. Kayu binuang bini termasuk golongan kelas awet V dan kelas kuat IV—V.

Loading...

Kayu teras binuang laki berwarna kuning bila segar dan berubah menjadi cokelat kuning sampai kelabu, dan tidak jelas batas dengan kayu gubal. Kayu binuang laki memiliki tekstur yang kasar dengan arah serat lurus atau berpadu dan bergelombang. Jika diraba, permukaan kayunya licin dan kesat bergantian pada bidang radial. Berat jenis kering udara maksimum 0,51; minimum 0,27; dan rata-rata 0,39. Sifat kekerasan kayu binuang laki agak lunak. Kayu binuang laki termasuk golongan kelas awet IV—V dan kelas kuat III—IV.

 

 

Sumber: Buku Bisnis dan Budidaya 18 Kayu Komersial

 

Baca Juga:  Permasalahan Budidaya Lidah Buaya yang Wajib Diwaspadai
Loading...
Loading...