Mengenal Tanaman Begonia


Pertanianku – Tanaman Begonia merupakan tanaman yang hanya hidup di hutan tropis Indonesia. Tanaman ini menjadi salah satu tanaman yang belum didokumentasikan oleh para peneliti.

Mengenal Tanaman BegoniaWisnu H Ardi, peneliti dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-LIPI mengungkapkan, begonia adalah tanaman lantai hutan tropis yang bisa ditemukan di ketinggian 0 sampai 2.500 meter di atas permukaan laut. Habitatnya berada di perbukitan, hutan, pegunungan. Tanaman cantik tersebut menyukai hidup di tempat yang lembap, seperti pinggiran sungai, air terjun dan mulut gua.

Persebaran tanaman tersebut ada di wilayah hutan tropis Asia, Afrika dan Amerika. Di Indonesia, begonia hampir bisa ditemukan di seluruh hutan tropis, mulai dari Aceh sampai Papua. “Sekarang banyak dimanfaatkan tanaman hias. Ada satu dua jenis sebagai tanaman obat, ada juga yang dimanfaatkan sebagai lalapan dan sayuran,” terang Ardi.

Sejak lama Ardi sudah meneliti begonia. Total dia sudah menemukan 20 jenis baru dari total ratusan spesies yang sudah terdata. Temuannya yang paling terakhir adalah begonia jenis baru dari Kepulauan Maluku yang diberi nama Begonia galeolepis Ardi dan D.C.Thomas.

Begonia merupakan endemik Pulau Seram di Kepulauan Maluku. Artinya, tidak akan ditemukan di kawasan lain. Dari hasil studi herbarium, jenis ini ditemukan di 3 lokasi di Pulau Seram, salah satunya di Taman Nasional Manusela. “Mayoritas begonia yang tersebar di kepulauan di Indonesia tidak memiliki ciri pada Begonia galeolepis, sehingga dapat dipastikan ini jenis baru,” ujar Ardi.

Begonia jenis baru yang ditemukan Ardi berasal dari Kebun Raya Bali. Tim peneliti Kebun Raya Bali pada 2011 sudah melakukan eksplorasi ke Pulau Seram dan menemukan sejumlah spesies baru. Sampel begonia tersebut kemudian diteliti oleh Ardi di Kebun Raya Bogor. Jenis begonia sangat berbeda dari semua jenis yang sudah ada di kawasan kepulauan Maluku. Tanaman tersebut memiliki karakter yang unik di antaranya memiliki sisik merah tebal yang menyerupai sisik ikan hiu pada bagian batang dan tangkai daunnya. Selain itu, tangkai bunga jantan yang sangat panjang.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Kutu Putih pada Kamboja Jepang