Mengenal Tanaman Blustru


Blustru

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Luffa aegyptica Mill., Luffa cylindrica (L.) Roem.
  2. Nama daerah : bestru, blestru, blustru (Jawa); lopang, oyong (Sunda); blustru (Betawi); ketela manis (Melayu); hurung jawa (Palembang); dodahala (Halmahera).
  3. Nama asing : si gua luo (Cina).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Blustru memiliki rasa manis dan sejuk, kecuali pada akarnya yang memiliki rasapahit, bersifat dingin, dan mengandung racun. Beberapa bahan kimia yang  terkandung dalam blustru, di antaranya saponin, lufein, citrulline, atau cucurbitaen, lemak, protein, xylan, vitamin B dan C, minyak lemak squalene, α-spinasterol, arginin, lisin, alanin, galaktosa, serta manitosa. Efek farmakologis blustru, di antaranya mengatasi susah buang air besar, antiradang, dan antibatuk.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah, kulit buah, tangkai buah, biji, sabut, daun, bunga, batang, dan akar blustrudapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Batuk disertai sesak

Cuci 10—15 g bunga blustru lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk rata, lalu minum 3 kali sehari.

  1. Bisul tidak kunjung pecah

Cuci bersih akar blustru yang tua secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Gunakan air rebusannya untuk mengompres bisul. Lakukan secara teratur sampai bisul matang dan pecah dengan sendirinya.

  1. Haid tidak teratur

Cuci bersih 4 jari daging buah blustru, parut, lalu remas-remas. Tambahkan garamsecukupnya dan ½ cangkir air matang lalu peras. Saring hasil parutan untuk Diminum sekaligus. Lakukan pagi, siang, dan sore dengan dosis yang sama.

  1. Sakit pinggang

Cuci bersih akar secukupnya, bakar dengan alas genting sampai hangus, lalu tumbuk sampai menjadi bubuk. Ambil 10 g bubuk, campur dengan ½ seloki arak, lalu minum sekaligus 1 kali sehari.

  1. Sesak napas (asma)
Baca Juga:  Khasiat Menakjubkan Jantung Pisang

Cuci 5 helai daun muda blustru lalu letakkan di atas nasi yang masih panas. Daunyang layu ini dimakan sebagai lalap bersama nasi. Lakukan 1 kali sehari.

Kontra indikasi: wanita hamil dan penderita fungsi limpa lemah dilarang minum semua ramuan blustru.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

loading...
loading...