Mengenal Tanaman Buah Belimbing Manis


Pertanianku – Belimbing manis cocok ditanam pada lahan pekarangan sempit di perkotaan atau di pemukiman perumahan sederhana di pinggirankota. Bentuk pohon yang rindang dengan tajuk pohon tidak terlalu besar dapat berfungsi sebagai pohon pelindung sekaligus menghasilkan buah. Tanaman ini mudah dalamperawatan dan pembibitan.

Belimbing Manis

Penanamannya di pot pun ternyata tidak sulit. Tabulampot belimbing manis mampu berbuah lebat terus-menerus sepanjang tahun. Buahnya yang bergelantungan akan mempesona setiap mata yang memandang. Tanaman belimbing dapat ditanam di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Suhu lingkungannya berkisar 20—30º C.

Belimbing menyukai tempat terbuka dan mendapat sinar matahari secara memadai, tetapi masih toleran terhadap naungan dengan intensitas penyinaran 45—50%. Untuk pertumbuhan optimal, dibutuhkan keadaan angin yang tidak terlalukencang karena dapat menyebabkan gugurnya bunga atau buah.

Indonesia memiliki banyak varietas belimbing unggulan yang tersebar di banyak daerah. Ada varietas belimbing demak (Averrhoa carambola cv. Demak), ada belimbing asal Blitar, Jepara, dan lain-lain. Selain itu, ada jenis yang dapat ditabulampotkan, di antaranya dewi murni, dewa baru, tasik madu, sembiring, filipina, bangkok, malaya, dan wulan. Varietas dewadan dewi telah banyak dikenal masyarakat. Bentuk buah kedua varietas tersebut sama. Namun, bentuk dan warna daunnya berbeda. Varietasdewa memiliki bentuk daun ramping dan berwarna hijau muda.

Varietas dewi telah dikukuhkan sebagai varietas unggul belimbing untuk DKIJakarta. Pohonnya rimbun. Daunberwarna hijau tua dan anak daunberbentuk oval dengan ujung runcing.Buah ukurannya besar dengan ukuranpanjang 10—15 cm. Berat buah ratarata250—350 g. Buah yang matangberwama merah jingga dengan rasa manis dan menyegarkan.

 

Sumber: Buku 20 Tabulampot Rajin Berbuah

 

Baca Juga:  Mengulik Efek Samping Mahkota Dewa bagi Kesehatan
loading...
loading...