Mengenal Tanaman Cincau Hijau


Pertanianku – Tanaman cincau termasuk jenis tumbuhan berbatang merambat, tetapi diameter lingkar batang kecil, kulit batangnya kasap dan berduri. Panjang batangnya bisa mencapai belasan meter dan daunnya berbentuk perisai dengan permukaan dipenuhi bulu halus. Bunganya berwarna kuning dengan buah batu berwarna merah mempunyai bentuk lonjong.

Cincau Hijau

  • Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya

Bagian yang dimanfaatkan adalah daun. Daunnya mengandung dimetil kurin-1 dimetoidida, isokandrodendrin, alkaloid bisbenzilsokuinolin, serta S,S-tetandrin.

  • Pemanfaatan

Penyakit yang bisa diobati adalah batuk, demam, bronchitis, masuk angin.

  • Cara Penggunaan
  1. Sebanyak 10—20 lembar daun cincau yang agak tua diremas-remas dengan 1 liter air. Air remasan tadi lalu disaring dan dibiarkan sampai membentuk gel. Gel atau gelatin inilah yang kita sebu sebagai cincau. Gel ini dikonsumsi untuk mengurangi panas dalam, demam, dan sariawan.
  2. Cuci bersih daun cincau kemudian lumatkan untuk mengobati bisul. Setelah lembut ditempelkan di bagian yang bernanah untuk mengeluarkan nanah tersebut.
  3. Cuci bersih akar kemudian rebus dengan air secukupnya. Setelah matang, minum air rebusannya. Digunakan untuk mengobati demam.
  • Info Lain

Khasiat daun cincau hijau diperoleh karena ada senyawa dimetil kurin- 1 dimetoidida. Zat tersebut mampu mengendurkan otot. Senyawa lain seperti isokandrodendrin mampu mencegah sel tumor ganas. Cincau sangat tinggi kandungan mineralnya terutama kalsium dan fosfor. Saat ini, cincau sangat baik dikonsumsi untuk program diet karena rendah kalori, tetapi mengandung serat tinggi. Cincau dipercaya dapat meredakan sakit panas dalam, sembelit, derita perut kembung, demam, serta diare. Adapun seratnya bermanfat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. Cincau juga bisa membantu menyembuhkan penyakit degeneratif seperti jantung koroner karena cincau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Penelitian Direktorat Gizi Departemen Kesehatan menemukan 6,23 g per 100 gram kandungan serat kasar dalam gel cincau.

  • Kontraindikasi
Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi maupun efek samping dari konsumsi cincau hijau. Namun, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya terutama wanita hamil dan menyusui.

 

Sumber: Buku Agriflo Kitab Tumbuhan Obat

 

loading...
loading...