Mengenal Tanaman Cincau rambat


Pertanianku – Tanaman berbatang merambat, panjangnya 12—16 m. Diameter lingkar batang kecil yang berukuran 0,5— 1 cm, kulit batangnya kasap dan berduri. Merambat ke arah kanan pada pohon inang dengan panjang hingga 15 m. Daunnya berbentuk hati dengan kedua permukaan dipenuhi rambut halus. Bunga berwarna kuning kehijau-hijauan sampai hijau pucat dan buah batu berwarna merah berbentuk lonjong.

Cincau rambat

  • Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya

Bagian yang dimanfaatkan adalah daun dan akar. Cincau mengandung polifenol, saponin, flavonoida, dan beberapa mineral serta vitamin A dan B.

  • Pemanfaatan

Penyakit yang bisa diobati yaitu diare (sakit perut), hipertensi, dan demam.

  • Cara Penggunaan
  1. Remas-remas daun cincau secukupnya dengan air matang hingga mengental, saring, dan dibiarkan beberapa saat sampai berbentuk agar-agar. Cincau Cincau rambat Cyclea barbata Miers: grass jelly dapat membantu mengurangi sakit perut dan hipertensi.
  2. Cuci akar cincau secukupnya hingga bersih. Akar diiris-iris halus kemudian direbus dengan air. Air hasil perasannya diminum, membantu mengobati demam.
  • Info Lain

Tanaman cincau mengandung sejenis karbohidrat yang mempunyai sifat menyerap air sehingga bisa terbentuk massa seperti agar-agar apabila diremasremas dalam air. Selain itu, cincau juga mengandung zat lemak, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine, isotentradine, dan dimetil tentradine. Cincau biasa ditemukan pada daerah terbuka di tepi hutan atau pun di semak belukar, tetapi banyak juga dipelihara dan merambat pada pagar tanaman. Tumbuhan cincau cocok tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian kurang dari 1000 m dpl.

  • Kontraindikasi

Belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi maupun efek samping dari konsumsi daun dan akar tanaman cincau. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi berlebihan dan tetap berkonsultasi ke dokter atau herbalis bila dalam pengobatan.

Baca Juga:  Makan Tomat Bisa Kurangi Kolesterol Jahat? Begini Kata Peneliti

 

Sumber: Buku Agriflo Kitab Tumbuhan Obat

 

loading...
loading...