Mengenal Tanaman Convolvulaceae


Pertanianku – Tanaman Convolvulaceae atau kangkung-kangkungan dicirikan dengan batang berlubang di dalamnya dan bergetah. Pada ruas-ruas batang membentuk akar tunjang. Tanaman ini berakar tunggang dengan banyak akar samping. Daun tunggal kangkung-kangkungan lebar dan berlendir/bergetah. Bunganya berbentuk terompet. Warna bunga umumnya putih keunguan atau putih.kangkung darat

Buahnya bulat kecil dengan biji di dalamnya. Dalam empat ruang buah masing-masing terdapat dua biji. Biji berbentuk lonjong. Bila tua berwarna abu-abu atau cokelat kehitaman. Ada jenis tanaman Convolvulaceae yang akarnya membentuk umbi besar dan enak dimakan, yaitu ubi jalar. Tanaman yang termasuk dalam famili ini, di antaranya ubi jalar (Ipomoea batatas), teropongan (Ipomoea crassicaulis), dan kangkung (Ipomoea sp.).

Kangkung merupakan tanaman sayuran komersial yang bersifat menjalar. Kangkung berbatang kecil, bulat panjang, dan berlubang di dalamnya. Daunnya digemari seluruh lapisan masyarakat Indonesia karena rasanya enak segar. Selain itu, kangkung banyak mengandung vitamin A, vitamin C, dan mineral, terutama zat besi.

Baca Juga:  Merawat Ginjal agar Lebih Sehat dengan Buah dan Sayuran ini
loading...
loading...