Mengenal Tanaman Dahlia


Pertanianku – Ciri-ciri tanaman Dahlia adalah perdu tahunan yang tegak, dapat mencapai tinggi 3 m. Daun hijau,  berbentuk lonjong dengan ujung lancip, dan tepinya bergerigi. Bunganya besar dan indah memiliki beragam warna seperti putih, kuning, jingga, violet, merah, ungu atau campurannya. Memiliki umbi batang yang cukup besar.

Dahlia

  • Bagian yang Dimanfaatkan dan Kandungannya

Bagian yang dimanfaatkan adalah umbi. Umbi dahlia mengandung hampir 70% pati dalam bentuk inulin.

  • Pemanfaatan

Penyakit yang bisa diobati adalah diabetes.

  • Cara Penggunaan

Inulin murni hasil ekstraksi dari umbi dahlia dimanfaatkan di bidang kedokteran. Inulin ini sebagai prebiotik yang merupakan unsur-unsur gizi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan manusia.

  • Info Lain

Dahlia adalah tanaman bunga hias berupa tumbuhan tahunan yang tegak dan berasal dari pegunungan Meksiko. Tanaman Dahlia dapat tumbuh baik pada daratan tinggi dengan ketinggian optimum 700—1.000 m dpl. Saat ini dahlia telah tersebar luas di dunia dan merupakan salah satu bisnis bunga potong yang sangat potensial. Dahlia juga merupakan bunga resmi kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat. Ubi dahlia mengandung hampir 70% pati dalam bentuk inulin. Jika inulin difermentasi oleh enzim tertentu atau oleh jamur tanah, inulin akan berubah menjadi fruktosa, suatu gula yang banyak digunakan dalam pengawetan makanan atau pembuatan sirup.

  • Kontraindikasi

Meskipun belum ditemukan literatur yang menyebutkan adanya kontraindikasi maupun efek samping dari konsumsi umbi dahlia, sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau herbalis bila akan mengonsumsinya.

 

Sumber: Buku Agriflo Kitab Tumbuhan Obat

 

Baca Juga:  Daun Gatal Papua Bisa Hilangkan Rasa Lelah
loading...
loading...