Mengenal Tanaman Daun Lada

Pertanianku – Daun lada pada dasarnya berbentuk sederhana, tunggal, bulat telur yang meruncing pada pucuknya, bertangkai panjang 2—5 cm dan membentuk aluran di atasnya. Ukuran daun dengan panjang 8—20 cm dan lebar 4 —12 cm. Berurat 5—7 helai, warna hijau tua, mengilap di bagian atasnya dan memucat di bagian bawahnya. Pada bagian bawah daun tampak ada titik-titik kelenjar Walaupun berbentuk sederhana, ditemukan variasi bentuk dan ukuran daun, bentuk pangkal daun dan ujung daun antarvarietas lada.

Daun Lada

Daun varietas Jambi berbentuk bulat (orbicular) dengan pangkal daun berlekuk (emarginate) dan ujung daun tumpul (obtuse), sedangkan daun Merapin berbentuk memanjang (oblong), pangkal daun dan ujung daun meruncing (acuminate). Di antara varietas yang ada di India, daun Balankotta adalah terbesar dengan ukuran 19,3 cm x 9,6 cm.

Warna permukaan daun hijau muda, hijau tua, hitam kekuningan, permukaan daun ada yang licin dan ada yang sedikit berkerut (rugosus). Seperti yang ditemukan di salah satu kebun petani di Lampung; selain agak berkerut, pinggirannya juga agak menekuk ke bawah. Tipe dan jumlah tulang daun berbeda, ada yang 3 atau 5; ibu tulang daun keluar dari pangkal daun.

Menurut Datta dan Dasgupta (dalam Rahiman dan Nair, 1983) jumlah stomata tidak banyak (hypostomatic). Stomata dikelilingi oleh sel berbentuk roset. Menurut Sammuel et al. (1983) indeks stomata bervariasi, tertinggi pada varietas lokal W3 (4,4 ± 0,001) terendah pada MB 23 (3,5 ± 0,006).

 

Sumber: Buku Lada

 

Baca Juga:  Musim Hujan Tiba, Petani Wajib Waspada Beberapa Penyakit Kakao

loading...