Mengenal Tanaman Garut


Garut

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Maranta arundinacea L.
  2. Nama daerah : sagu ban-ban (Batak), sagu rarut (Minangkabau), saku ndrawa (Nias), krarus (Nias), peda sula (Halmahera), huda sula, larut (Sunda), garut (Jawa), arut (Madura).
  3. Nama asing : arrowroot, bermuda arrowroot (Inggris); cuk yu (Cina).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Garut memiliki rasa manis dan bersifat menguatkan (tonik). Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam garut, di antaranya flavonoid, dan saponin. Efek farmakologis garut, di antaranya anti-radang dan meningkatkan nafsu makan.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Umbi garut dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Diare

Cuci bersih 50 g bubuk umbi garut dan 10—20 g daun jambu biji (Psidium guajava L.). Rebus semua bahan dengan 1,5 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Pisahkan daun jambu lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

  1. Digigit serangga dan ular berbisa

Tumbuk 100 g umbi garut kering sampai menjadi bubuk. Campurkan ke dalamnya 60 g lidah buaya (Aloe vera L.) yang sudah dijus, lalu aduk sampai rata. Oleskan campuran bahan pada bagian yang sakit.

  1. Disentri

Cuci bersih 25 g umbi garut dan 15 g patikan kebo lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya sekaligus saat hangat. Lakukan dengan cara yang sama 2 kali sehari.

  1. Keputihan

Cuci bersih 100 g bubuk umbi garut dan 30 g kulit delima kering (Punica granatum L.). Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Pisahkan kulit delima lalu makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

  1. Menambah nafsu makan dan kekurangan asam lambung

Tumbuk 80 g umbi garut kering sampai menjadi bubuk. Rebus hasil tumbukan tadi bersama asam jawa secukupnya dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menjadi bubur. Makan buburnya sekaligus 1 kali sehari.

Baca Juga:  Inilah Takaran yang Pas Konsumsi Teh Hijau per Hari

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

loading...
loading...