Mengenal Tanaman Ginje


Ginje

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Thevetia peruviana (Pers.) K. Schum.
  2. Nama daerah : ginje (Jawa), ki hujan (Sunda).
  3. Nama asing : huang hua jia zhu tao (Cina).

B. Kandungan kimia dan efek farmakologis

Ginje memiliki rasa pedas, pahit, bersifat hangat, dan mengandung racun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam ginje, antara lain thevetin A, thevetin B, peruvoside, nemfolin, cerberin, perusitin, thevelene, dan neriperside. Sementara itu, efek farmakologis ginje, antara lain penguat jantung (cordiotonic), peluruh kemih, obat cacing (anthelmintic), dan penghilang bengkak.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Daun, kulit batang, tangkai, akar, dan biji dari buah ginje masak yang telah dijemur dapat dimanfaatkan untuk menangani serta mengobati beberapa penyakit dan permasalahan sebagai berikut.

  1. Membunuh serangga

Tumbuk seluruh bagian tumbuhan ginje secukupnya, tambah 2 l air, lalu aduk sampai rata. Gunakan untuk menyemprot serangga.

  1. Radang di pinggir kuku (paronichya)

Cuci 10—15 helai daun ginje segar lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air, 1 sendok makan madu, lalu aduk sampai rata. Simpan tumbukan yang telah bercampur air dan madu ke dalam wadah yang kering untuk digunakan beberapa kali. Ambil ramuan secukupnya dari dalam wadah lalu oleskan menyeluruh pada bagian yang sakit. Lakukan secara rutin 2—3 kali sehari.

 

Catatan: tumbuhan ginje sebaiknya tidak digunakan sebagai obat minum ataupun dimakan dalam keadaan segar karena beracun.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

Baca Juga:  Sayuran Hidroponik Kaya Klorofil, Ini Buktinya
loading...
loading...