Mengenal Tanaman Herbal Anting-anting

Pertanianku – Apakah Anda mengenal tanaman anting-anting? Tanaman ini tidak banyak dibudidayakan dan banya tumbuh secara liar semak-semak. Namun, tahukah Anda bahwa tumbuhan tanaman ini memiliki khasiat dan manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan manusia. Berikut beberapa fakta ilmiah tanaman anting-anting.

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Acalypha australis L.
  2. Nama daerah : pohon kucing-kucingan (Melayu).
  3. Nama asing : tie xian (Cina).

Anting

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Anting-anting memiliki rasa pahit dan bersifat sejuk. Kandungan kimia tumbuhan ini belum banyak diketahui, tetapi kegunaan dari tumbuhan ini telah banyak diketahui dari pengalaman turun-temurun. Efek farmakologis yang dimiliki oleh anting-anting di antaranya antibiotik, antiradang, peluruh kencing, sebagai astringen, dan menghentikan pendarahan.

C. Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Seluruh bagian tumbuhan, baik dalam keadaan segar atau kering, dapat  digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Berak darah, mimisan, dan batuk

Cuci 30—60 g tumbuhan anting-anting kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

  1. Disentri

Cuci bersih 30—6o g tumbuhan anting-anting kering lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu minum 2 kali sehari masingmasing ½ gelas. Lakukan secara teratur selama 5—10 hari.

  1. Diare dan muntah darah

Rebus 30—60 g tumbuhan kering dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

  1. Pendarahan dan luka luar

Lumatkan herba anting-anting segar secukupnya lalu campurkan dengan gula pasir secukupnya. Tempelkan hasil lumatannya ke tempat luka.

Baca Juga:  Mengatasi Produksi ASI Berlebihan Secara Alami dengan Bunga Melati

loading...