Mengenal Tanaman Hias Bunga Adenium


PertaniankuBunga adenium atau yang populer di Indonesia dengan bunga kamboja jepang ternyata banyak tumbuh subur di Indonesia. Bunga ini datang dari Benua Afrika serta Asia bagian barat.

bunga adenium
Foto: Pertanianku

Akar adenium memilki batang yang jadi membesar seperti umbi, batang ini bermanfaat untuk menaruh air sebagai cadangan ketika kekeringan melanda. Oleh karena itu, tanaman ini banyak tumbuh di Benua Afrika yang sering dilanda kekeringan.

Ada 2 jenis adenium yang dikenal, yaitu adenium spesies dan hibrida. Adenium spesies adalah adenium yang belum pernah disilangkan. Adenium ini memiliki keunggulan antara lain percabangannya banyak, kuat, berbunga lebat, atau berbonggol besar. Jenis adenium spesies antara lain obesum, multiflorum, arabicum, swazicum, oleifolium, somalense, bohemianum, dan socotranum.

Sementara, adenium hibrida merupakan adenium yang telah mengalami kawin silang. Jenis adenium hibrida, yaitu harry potter, stella, wild wild west, dan jenghis khan. Adenium hibrida juga memiliki banyak sekali varian, antara lain adenium ra chinee (RCN), thai soco, compacta, plastik, dan mini seri.

Tren yang berkembang saat ini memperlihatkan adenium dengan bonggol indah serta uniksehingga jadi incaran baru. Terlebih lagi timbulnya adenium yang mengambil gaya bonsai atau kerap disebut juga bonsai adenium. Hal itu akan semakin memberi kekhasan yang terpancar dari tanaman asli gurun pasir ini.

Ada beberapa ciri khas yang dipancarkan adenium yang menyebabkan banyak pecinta tanaman hias memburunya. Beberapa ciri tersebut sebagai berikut.

  1. Akar

Akar adenium bisa berperan sebagai penyimpan cadangan makanan. Bentuk yang unik serta ukuran akar adenium bisa membesar membuat bonggol yang menjadi salah satu keunikan tanaman ini. Penggunaan pot bonsai yang ceper bisa mengungkapkan kehadiran bonggol adenium hingga membuat cantik penampilannya.

  1. Batang
Baca Juga:  Jenis Aglaonema yang Punya Nilai Tinggi

Batang adenium bisa menaruh cadangan air. Karena itu, adenium tahan hidup di daerah yang gersang serta panas. Batang adenium mempunyai percabangan yang cukup banyak. Ada yang lentur, serta ada pula yang kekar.

  1. Daun

Walau bukanlah sebagai daya tarik paling utama, daun adenium adalah elemen yang tidak dapat dipisahkan dari sosok tanaman ini. Bentuk daunnya beragam, ada yang lanset dengan ujung bulat serta runcing. Ada pula yang panjang dengan ujung runcing. Permukaan daun ada yang berbulu halus, ada pula yang mengkilap licin tanpa bulu.

  1. Bunga

Bunga adenium mempunyai bentuk seperti terompet dengan ukuran yang beragam antara 2—8 sentimeter. Mahkota bunganya ada yang berbentuk mirip bintang, bergerigi, ujung terpotong, atau ujungnya petalnya membulat.

Adenium hasil persilangan sudah mempunyai bermacam warna bunga, dari mulai putih polos, putih kekuningan, loreng, merah tua, sampai merah muda semburat warna-warni cerah.

  1. Buah

Buah adenium berupa pipih panjang, terdapat di ujung tunas serta tumbuhnya berpasangan (dua buah). Saat muda warnanya hijau, sesudah tua warnanya cokelat.

  1. Biji

Biji adenium berbulu, berkulit tidak tebal, serta berongga jadi membuatnya gampang terbawa angin. Ketika biji matang, buah adenium akan pecah dan mengeluarkan biji-biji yang ada di dalamnya.