Mengenal Tanaman Jahe Merah


Jahe Merah

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Zingiber officinale Linn. Var. rubrum
  2. Nama daerah : halia barah, halia udang (Aceh); jahe sunti (Jawa).
  3. Nama asing : red ginger (Inggris); khan jiang, chiang (Cina).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Jahe merah memiliki rasa pedas dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia dalam jahe merah, antara lain gingerol, minyak terbang, limonene, α-linolenic acid, aspartic, β-sitosterol, tepung kanji, caprylic acid, capsaicin chlorogenic acid, dan farnesol. Sementara itu efek farmakologis yang dimiliki oleh jahe merah, antara lain merangsang ereksi, penghambat keluarnya enzim 5-lipoksigenase dan siklo-oksigenase serta meningkatkan aktivitas kelenjar endokrin. Selain itu, jahemerah juga memiliki efek farmakologis untuk memperlambat proses penuaan, merangsang regenerasi sel kulit, dan bahan pewangi.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang jahe merah dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Batuk kering menahun

Kunyah 15 g akar rimpang (rhizoma), ambil airnya, lalu telan. Lakukan 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore setelah makan dengan jumlah yang sama.

  1. Gatal-gatal, luka lecet, terkena duri, dan luka tikam

Haluskan 15 g jahe, 3 siung bawang merah, lalu tempelkan di tempat luka. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

  1. Gigitan ular

Tumbuk halus 10—15 g jahe bersama ½ sendok teh garam lalu tapalkan ramuanpada bagian yang terkena gigitan ular. Ramuan ini hanya sebagai pertolongan pertama.

  1. Melestarikan gairah seksual

Tumbuk sampai halus 10 g jahe merah, 30 g lengkuas (Languas galanga L.), dan5 g lada (Piper ningrum L.). Peras 1 buah mengkudu (Morinda citrifolia L.) lalu  campurkan airnya ke dalam hasil tumbukan bersama 1 gelas air panas. Peras lalu saring campuran bahan di atas sampai diperoleh segelas air ramuan. Tambahkan ke dalamnya 5 g garam dapur, aduk sampai rata, lalu bagi menjadi 2 bagian, masing-masing untuk suami dan istri. Minum bersama 1 sendok makan madu.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
Baca Juga:  Khasiat Sarang Walet dalam Semangkuk Sup

Cuci bersih 20 g jahe merah, 20 g temulawak, 20 g lempuyang wangi, dan 10 g biji ketumbar. Iris tipis-tipis jahe merah, temulawak, dan lempuyang wangi lalu jemur sampai kering. Tumbuk halus semua bahan bersama ketumbar sampaimenjadi bubuk lalu simpan dalam toples. Penggunaan ramuan ini adalah seduh 1 sendok makan bubuk dengan ½ gelas air mendidih. Tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai rata, lalu minum ramuan 2 kali sehari dengan jumlah yang sama.

  1. Obat kuat (afrodisiak)

Cuci bersih 10 g jahe merah, 10 g biji kucai, 10 g biji pare kering, 15 butir merica,dan 1 sendok teh gula merah. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan saat hangat sekaligus. Ulangi 2 kali sehari dengan dosis atau jumlah yang sama.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

loading...
loading...