Mengenal Tanaman Jahe


Jahe

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Zingiber officinale Rosc.
  2. Nama daerah : halia (Aceh), bahing (Batak Karo), sipadeh atau sipodeh (Sumatera Barat), jahi (Lampung), jae (Jawa), jahe (Sunda), jhai (Madura), pese (Bugis), dan lali (Papua).
  3. Nama asing : chiang p’I, khan ciang (Cina), gengibre (Spanyol), ingefaera (Swedia), imbir (Rusia), halia (Malaysia), sanyabil (Arab), zensero (Italia), dan ginger (Inggris).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Tumbuhan Jahe mempunyai bau aromatik, rasa pedas, hangat dan tidak beracun.Rimpang jahe mengandung minyak asiri. Minyak asiri tersebut terdiri atas n-nonylaldehide, d-camphene, d-β-phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, lonalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, gengerol, shogaol, dan zingiberene. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung resin tepung kanji dan serat. Efek farmakologis jahe adalah menambah nafsu makan, memperkuat lambung, peluruh kentut, peluruh keringat, pelancar sirkulasi darah, penurun kolesterol, antimuntah, antiradang, antibatuk, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Rimpang adalah bagian tanaman jahe yang sangat bermanfaat dalam pengobatan penyakit. Berikut beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman jahe.

  1. Rematik

Siapkan 1 atau 2 buah rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut di atas api atau bara, kemudian tumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik.

  1. Sesak napas (Asma)

Ambil 10 gram jahe, 10 kuntum bunga knop (Gomphrena globusa L), tambahkan 2 gelas air dan rebus hingga tersisa 1 gelas, saring airnya dan minum sekaligus saat masih hangat.

  1. Eksim

Parutlah lobak, lalu campurkan dengan air jahe. Air jahe dapat diperoleh dengan cara rimpang jahe diparut, lalu diperas. Oleskan ramuan ke bagian kulit yang terkena eksim. Biasanya dalam waktu 2 minggu saja penyakit sudah berkurang.

  1. Saraf muka yang sakit
Baca Juga:  Dahsyatnya Manfaat Belimbing Wuluh untuk Atasi Berbagai Penyakit

Bahan ramuan terdiri atas campuran kentang, tepung terigu, dan jahe. Caranya adalah kentang diparut, lalu ditambahkan tepung terigu dan bubuk jahe. Setelah itu, ramuan ditambahkan sedikit air hangat. Ramuan ditempelkan pada bagian muka yang sakit. Pengobatan dilakukan hingga penyakitnya sembuh.

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

loading...
loading...