Mengenal Tanaman Kasingsat


Kasingsat

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Cassia omlidentalis Linn.
  2. Nama daerah : kasingsat (Sunda), menting (Jawa), kopi andelan (Melayu), bulinggang alas (Simalor).
  3. Nama asing : –

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kasingsat memiliki rasa pahit, bersifat dingin, dan agak beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam daun kasingsat, di antaranya demeric anthrone dan glikosida, suatu pencahar yang sangat paten. Sementara pada akar terkandung α-hydroxy-anthraquinone; 1,8-dihydroxy-anthraquinone; quercetin; emodin; heterodi-anthron; dan chrysophanol. Sementara itu, efek farmakologis kasingsat, antara lain mengobati radang mata, merangsang nafsu makan, pencahar (laxans), dan antiradang.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian daun, biji, batang, dan akar yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

  1. Batuk, sesak papas, radang paru-paru

Rebus 10—15 g tumbuhan kering dengan 4 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya untuk diminum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

  1. Digigit ular

Lumatkan segenggam daun kasingsat segar. Tambahkan sedikit air matang dan peras. Minum airnya dan bubuhkan ampasnya pada luka gigitan.

  1. Hepatitis

Rebus 10—15 g tumbuhan kering dengan 4 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya dan minum dua kali sehari masingmasing 1 gelas.

  1. Keputihan (flour albus)

Kukus daun kasingsat muda secukupnya, lalu makan sebagai lalap.

  1. Sakit kepala berulang

Rebus 30 g daun kasingsat dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusannya. Minum air rebusan dua kali sehari masingmasing 1 gelas.

  1. Sulit buang air besar, disentri, diare kronis, dan nyeri ulu hati

Rebus 10—15 g tumbuhan kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum dua kali sehari masing-masing 1 Gelas.

Baca Juga:  Legitnya Alpukat Mampu Cegah Penyakit Jantung, Lho!

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya