Mengenal Tanaman Kembang Cokelat


Pertanianku – Tanaman kembang coklat dapat ditemukan di Chili dan Brazil. Daunnya panjang dan bentuknya pipih menjular dari bonggol umbi yang terletak di dalam tanah. Kembang coklat bukan berarti bunganya berwarna coklat. Layaknya bunga melati, kelopak kembang coklat juga berwarna putih. Mungkin beberapa dari Anda belum mengetahui kembang coklat. Kembang coklat yang dikenal dengan tanaman zhong lan di Cina ini merupakan jenis tanaman dari keluarga bakung-bakungan dengan tinggi 15–30 cm.

Mengenal Tanaman Kembang Cokelat

Bentuk daun kembang coklat juga melengkung dengan permukaan yang licin. Bunganya memiliki tangkai tunggal yang warna putih serta berbentuk seperti corong yang menghadap ke atas. Biji kembang coklat berwarna hitam dan pipih.

Kembang coklat memiliki rasa manis, tawar, bersifat netral, dan penurun panas. Kandungan kembang coklat meliputi tanin, gallic acid, resin, zat merah, dan beuzoic acid. Pada bagian daunnya terdapat alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksulat.

Kembang coklat bermanfaat mengobati penyakit liver, kejang pada anak, dan ayan atau epilepsi. Pemanfaatan kembang coklat dapat digunakan dengan cara direbus dan ditambahkan gula batu lalu diminum. Selain itu, tumbukan kembang coklat dapat ditempelkan pada pelipis guna mengurangi panas anak. Ternyata kulit kembang coklat juga dapat meluruhkan haid. Bagi Anda yang sering telat datang bulan dianjurkan untuk meminum ramuan yang satu ini.

Baca Juga:  Sarapan dengan Makanan Rendah Kalori, Apa Sajakah Itu?
loading...
loading...