Mengenal Tanaman Maja


Maja

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Aegle marmelos Correa.
  2. Nama daerah : maja (Sunda); maja, maja galepung, maja gedang, maja pait, maos (Jawa); bila, bila gedang, bila paek (Madura); wabiila(Sumba Timur); dilak (Timor).
  3. Nama asing : bael fruit (Inggris)

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Maja mempunyai rasa manis, harum, dan tajam ditenggorokan. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam maja, di antaranya zat lemak dan minyak terbang yang mengandung linonen. Daging buah maja mengandung substansi semacam minyak balsem, 2-furocoumarins-psoralen, dan marmelosin (C13H12O3). Buah, akar, dan daun maja bersifat antibiotik. Selain itu, akar, daun, dan ranting digunakan untuk mengobati gigitan ular. Akar maja mengandung psoralen, anthotoxin, o-methylscopoletin, scopoletin, decursinol, haplonine, dan aegelinol. Daun maja mengandung a-limonene, 56%-a-8 phellandrene, sineol, 17% cyrnene, citonellol, citiol, 5% cumin aldehyde, alkaloids, o-(3,3- dimethylally)-halfordinol, n-2-ethoxy-2-(4-methoxyphenyl) ethylcinnamide, n-2-methoxy-2-[4-3,3-dimethyalloxy) phennyl], ethylcinnamide, dan n-2-methoxy- 2-(4-methoxyphenyl)-ethyl cinnamamide. Namun, daun disebutkan dapat menyebabkan aborsi dan steril bagi wanita.

Sementara ranting digunakan sebagai racun ikan. Tanin yang digunakan dalam jangka waktu lama bersifat antinutrisi dan menyebabkan kanker. Efek farmakologis akar maja, di antaranya mengobati demam. Kulit batang dan akar maja untuk obat nyeri jantung, stomakikum, dan sedatif. Daun maja untuk borok, kudis, eksim, bisul, abortif, demam, dan radang selaput lendir hidung. Buah maja untuk disentri dan diare, sedangkan kulit buahnya untuk pewangi.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Buah, akar, kulit batang, dan daun maja dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Disentri dan diare menahun

Peras buah maja mentah yang wangi, lalu minum 1 gelas. Lakukan dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

  1. Hipokondria (muram merasa sakit), melankholia (murung), dan penyakit jantung (mengipas)
Baca Juga:  Yuk, Kenali 5 Tanaman Hias yang Membersihkan Udara di Rumah

Rebus akar dan kulit maja masing-masing 5 g dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus satu kali sehari.

  1. Koreng, tukak, kudis, eksim, dan bisul

Cuci bersih 7 g daun maja segar, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air, lalu aduk sampai menjadi bubur. Balurkan bubur pada luka dan balut dengan kain bersih atau perban.

  1. Sakit usus

Rebus akar dan kulit maja masing-masing 5 g dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus satu kali sehari. Cara lain, makan daging buah sebanyak 60 g.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

loading...
loading...