Mengenal Tanaman Manggis


Manggis

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Garcinia mangostana
  2. Nama daerah : manggoita (NAD), manggu (Jawa Barat), manggus (Lampung), manggusto (Sulawesi Utara), manggista (Sumatera Barat), manggustan (Maluku).
  3. Nama asing : mangosteen (Inggris)

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Kulit manggis mengandung pewarna alami berupa antosianin yang menghasilkan warna merah, ungu, dan biru. Selain pewarna, kulit buah manggis juga mengandung senyawa xanthone yang berkhasiat sebagai antioksidan. Senyawa xanthone ampuh membantu mengusir radikal bebas, menghambat penuaan, dan mengontrol penyakit degeneratif seperti arthritis. Xanthone juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai terapi untuk penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung iskemik dan hipertensi.

Selain bermanfaat sebagai antioksidan, buah manggis juga berkhasiat sebagai antibakteri, antikanker, antijamur, antimikroba, dan antiradang.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bagian dari tanaman manggis yang dapat digunakan sebagai obat adalah buah dan kulit buahnya. Berikut beberapa pemanfaatan tanaman manggis untuk mengobati penyakit.

  1. Kolesterol

Kupas 2 buah kulit manggis, ambil kulit dalam, lalu potong kecil-kecil. Tambahkan air hangat ⅓ gelas, lalu blender atau diremas-remas. Saring dan tambahkan gula aren, lalu diamkan sampai air membeku. Makan kulit manggis yang telah membeku (bentuk puding) 1—3 kali sehari.

  1. Jantung koroner

Kupas 3 buah kulit manggis, ambil kulit dalamnya, lalu rebus dengan 3 gelas. Sisakan 1,5 gelas. Minum 1,5 gelas rebusan dengan tambahan madu.

  1. Diabetes

Ambil 2 buah kulit manggis, buang kulit kerasnya, lalu remas-remas kulit dalamnya dengan 1/3 air hangat. Saring airnya, lalu tambahkan madu. Minum 1—2 kali sehari.

  1. Rematik

Ambil kulit buah manggis, iris kecil kemudian jemur hingga kering. Celupkan terlebih dahulu 2—3 irisan kulit buah manggis kering tadi ke dalam segelas air panas. Minum ramuan setelah hangat dan warna air berubah jadi ungu.

  1. Tumor dan kanker
Baca Juga:  Ternyata Air Mineral Kemasan Juga Punya Masa Kedaluwarsa!

Ambil kulit buah manggis kering, lalu rebus dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Minum airnya setelah dingin.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 

 

loading...
loading...