Mengenal Tanaman Murbei

Pertanianku — Pernahkah Anda mendengar tentang tanaman murbei yang satu ini? Dikenal dengan banyak nama di Indonesia, tanaman murbei bisa tumbuh di banyak negara tropis. Asia, Afrika, dan Amerika adalah habitat dari tanaman ini.

tanaman murbei

Murbei memiliki nama lain, yaitu bebesaran. Di beberapa daerah di Indonesia, murbei dikenal dengan berbagai nama. Kerto merupakan nama tanaman ini dalam bahasa Gayo. Sementara, di Lampung, murbei dikenal dengan nama kitau, dan di Jawa disebut lampaung.

Loading...

Setidaknya, ada belasan spesies tanaman yang termasuk ke dalam genus Morus atau tanaman murbei ini. Salah satu yang paling popular berasal dari Asia. Tepatnya, berasal di Desa Andaleh, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Usia tanaman ini sudah mencapai lebih dari 120 tahun.

Tanaman murbei bisa tumbuh pada tanah basah, misalnya di lereng gunung. Namun, murbei juga bisa tumbuh liar di dataran yang tidak terlalu tinggi. Hanya hidup di belahan bumi tropis, tanaman murbei termasuk jenis tanaman yang memerlukan banyak sinar matahari.

Jika Anda membudidayakan tanaman ini, Anda akan mendapati pertumbuhannya cukup cepat. Namun, memasuki ketinggian 10—15 meter pertumbuhannya akan melambat.

Cirri daun murbei adalah bentuknya seperti cuping dan berbentuk gerigi di bagian tepinya. Tanaman murbei memiliki buah yang mirip seperti anggur. Hanya saja, ukurannya jauh lebih kecil. Buah yang tumbuh majemuk ini memiliki panjang 2—3 cm. Buah murbei berwarna merah saat muda. Semakin matang, warnanya akan menjadi gelap menjadi ungu tua. Buah murbei bisa dimakan. Rasanya hampir mirip dengan buah jeruk.

Selama ini, pemanfaatan tanaman murbei lebih kepada bagian daun murbei. Daun ini digunakan sebagai pakan ulat sutera. Budidaya ulat sutera dengan pakan dari daun murbei banyak dilakukan di Jepara, Temanggung, dan daerah lainnya.

Baca Juga:  Cara Membuat Media Tanam Organik untuk Menanam Pohon Anggur

Di Indonesia sendiri, tepatnya tanaman andalas yang merupakan genus dari tanaman murbei, kayunya digunakan untuk lantai rumah atau mebel. Kelebihan tanaman dengan nama ilmiah Morus macroura ini adalah kayunya keras dan kuat sehingga cocok untuk lantai.

Loading...
Loading...