Mengenal Tanaman Patah Tulang

  1. Nama ilmiah : Euphorbia tirucalli L.
  2. Nama daerah : susuru (Sunda); kayu urip, pacing tawa, tikel balung (Jawa); kayu jaliso (Madura); kayu potong (Jawa Timur).
  3. Nama asing : milk bush, finger free, potlood-plant (Inggris); lu san hu (Cina).
  4. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Patah tulang mempunyai rasa tawar, tetapi semakin lama menimbulkan rasa tebal di lidah, berbau lemah, dan getahnya beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam getah patah tulang, di antaranya senyawa euphorbone, taraksasterol, alpha-laktucerol, euphol, senyawaan damar, kautschuk (zat karet) dan zat pahit. Hingga saat ini, efek farmakologis patah tulang belum banyak diketahui.

http://penebar-swadaya.net/toko-ps3/product/262-tumbuhan-obat-khasiatnya/

A. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Loading...

Akar, batang kayu, ranting, dan getah patah tulang dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit berikut.

  1. Mencegah tahi lalat membesar

Gosok tahi lalat dengan air jeruk nipis, lalu olesi dengan getah patah tulang. Lakukan beberapa kali sehari dan jangan sampai terkena mata.

  1. Kapalan (klavus) dan kutil

Cuci bersih ½ kg dahan dan ranting patah tulang, lalu rebus dengan 4 liter air sampai tersisa 2 liter. Gunakan air rebusan untuk merendam bagian tubuh yang kulitnya menebal atau terdapat kutilnya saat hangat selama ½ jam. Setelah kulit kering, olesi kutil dengan lendir daun lidah buaya sampai merata. Dengan pengobatan ini, kapalan atau kutil dapat terlepas dengan sendirinya.

  1. Kulit tertusuk duri atau terkena pecahan kaca

Olesi kulit atau tubuh yang tertusuk duri dengan getah patah tulang. Getah patah tulang dapat mengeluarkan duri-duri dari kulit.

  1. Sakit gigi

Teteskan getah patah tulang pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan satu sampai dua kali sehari. Hati-hati jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

  1. Tulang patah
Baca Juga:  Resep Ramuan Mengkudu yang Sangat Berkhasiat untuk Kesehatan

Gosokkan getah patah tulang pada kulit di atas tulang yang patah. Cara lainnya, giling halus kulit luar dahan patah tulang. Tempelkan hasil gilingan di atas tulang yang patah kemudian balut. Lakukan pengobatan dua kali sehari dengan mengganti pembalutnya.

Catatan: bila terkena mata, getah patah tulang dapat menyebabkan  kebutaan. Oleh karena itu, penggunaan patah tulang perlu dilakukan dengan   hati-hati. Bila terkena mata, sesegera mungkin mata dicuci dengan air kelapa atau santan.

 

Sumber: Buku 262 tanaman Obat dan Khasiatnya

 

Loading...
Loading...