Mengenal Teh Genmaicha, Menyehatkan Ginjal dan Menghilangkan Nyeri pada Sendi

Pertanianku — Teh sudah diketahui memilki segudang manfaat untuk tubuh. Tak hanya dijadikan minuman, saat ini teh digunakan sebagai campuran pengharum, obat, bahkan bahan isian kasur dengan pemanas yang sering digunakan di fasilitas spa. Salah satu produk daun teh lainnya yang tidak kalah berkhasiat adalah teh genmaicha. Jika selama ini Anda sudah familiar dengan greentea atau matcha, kali ini coba kenal lebih jauh teh genmaicha.

teh genmaicha
foto: Pixabay

Teh genmaicha diproduksi oleh Arafah Tea asal Bandung. Olahan teh ini terbuat dari daun sinensis yabukita yang tumbuh di ketinggian 1.000 m dpl. Teh klon sinesis tersebut tidak bisa tumbuh di sembarangan tempat. Ketinggian tempat serta unsur hara tanahnya harus tepat agar dapat menghasilkan daun teh beraroma khas.

Daun teh yang digunakan berukuran agak kecil dan tebal. Tanaman teh tersebut membutuhkan perhatian penuh dalam perawatannya agar dapat menghasilkan teh premium yang wangi dan lezat.

Olahan teh ini berwarna kuning muda. Rasanya ringan, percampuran antara rasa segar dari daun teh hijau dan aroma beras merah yang sudah disangrai. Teh perlu diseduh dengan air panas mendidih agar dapat menghasilkan aroma dan rasa yang sesuai.

Di negara asalnya, Jepang, daun teh diproduksi dengan cara di-steam sehingga aromanya menjadi sangat harum dan lezat serta kandungan L-Tehanin lebih terasa. Teh ini sering dikonsumsi dengan dicampur beras merah yang sudah disangrai, beras tersebut kaya akan kolagen.

Kandungan L-Tehanin dan kolagen yang terdapat di dalam teh genmaicha dapat mengatasi rasa nyeri di persendian dan rasa sakit di lutut akibat penipisan kolagen di dalam tubuh.

Manfaat lain yang tidak kalah penting dari teh genmaicha adalah herbal diuretik. Teh ini dapat membersihkan racun yang ada di dalam ginjal dengan melancarkan pembuangan air kecil hingga menekan gejala asam urat.

Baca Juga:  Resep Membuat Dendeng Lele

Untuk mendapatkan seluruh khasiat yang ada di dalam teh genmaicha, Anda dapat mengonsumsi tiga cangkir teh setiap hari. Dengan begitu, tubuh terasa lebih ringan, nyeri pada sendi menghilang, buang air kecil menjadi lebih lancar, dan ginjal semakin sehat. Teh ini terbilang aman diminum setiap hari.