Mengenal Tempat Pakan Ayam Broiler

Pertanianku – Tempat pakan berfungsi agar pakan tidak tercecer. Tempat pakan berbeda antara ayam kecil dan ayam besar. Berikut adalah beberapa jenis tempat pakan ayam.

Tempat Pakan Ayam Broiler

  1. Feeder chick tray

Feeder chick tray adalah tempat pakan bagi DOC yang berbentuk seperti nampan untuk memudahkan DOC makan. Feeder chick tray dapat digunakan sampai umur tujuh hari. Pergantian feeder chick tray dengan pakan galon dilakukan secara bertahap untuk memberi kesempatan pada ayam untuk beradaptasi dan mampu menjangkau pakan di galon terlebih dahulu secara sempurna. Kelemahan dari feeder chick tray adalah pakan sering kali tercampur dengan sekam atau kotoran ayam sehingga harus sering dibersihkan.

Loading...
  1. Baby chick feeder

Baby chick feeder memiliki fungsi yang sama dengan feeder chick tray. Hanya saja, sekam dan kotoran ayam pada baby chick feeder tidak mudah masuk dan tercampur dengan pakan. Dengan demikian, pakan lebih bersih dan tidak mudah tercecer.

  1. Tempat pakan galon (tabung)

Tempat pakan galon terdiri atas bagian piringan dan tabung yang dikaitkan oleh kawat. Tingginya bisa diatur sesuai dengan umur ayam sehingga bisa mengatur sedikit atau banyaknya pakan yang keluar dari piringan. Tempat pakan galon digunakan ketika broiler sudah berumurtujuh hari. Namun, bagian yang dipakai awalnya adalah piringannya saja, lalu secara bertahap dipasang tabungnya dan digantung sesuai dengan tinggi ayam. Ada tiga ukuran galon, yaitu 7 kg, 5 kg, dan 3 kg.

 

Sumber: Buku Ayam Broiler, 22 Hari Panen Lebih Untung

 

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Abon Sapi
Loading...
Loading...