Mengenal Terap, Buah dari Keluarga Nangka yang Beraroma Tajam

0

Pertanianku – Terap merupakan salah satu buah yang berasal dari keluarga nangka. Di Indonesia buah ini hanya bisa ditemukan di Kalimantan dan sekitar Borneo bagian utara. Di negara tetangga buah ini dapat ditemukan di Thailand, Brunei Darusalam, dan Filipina.

Asal-usulnya diperkirakan dari bagian utara Borneo, di mana ditemukan jenis liarnya di alam. Terap juga dibudidayakan di Queensland, Australia. Pohon ini ditanam karena buahnya, yang dimakan dalam keadaan segar atau diolah sebagai kue-kue.

Tanaman ini adalah sejenis pohon buah dari marga pohon nangka (Artocarpus). Buahnya serupa nangka kecil, dengan bau wangi yang kuat. Buah ini juga dikenal sebagai marang atau johey oak. Pohon terap tingginya mencapai 25 m, dan batangnya dapat mempunyai diameter sampai 40 cm, keabu-abuan. Ranting dengan bulu-bulu panjang kuning sampai kemerahan.

Buah terap harus segera dimakan dalam beberapa jam setelah dibuka, karena baunya yang harum cepat berkurang dan warnanya dapat berubah karena teroksidasi. Biji terap juga dapat dimakan setelah dipanggang atau direbus dengan garam.

loading...
loading...