Mengenal Tingkah Laku Kuda

Pertanianku Kuda adalah hewan yang tingkat sosialnya sangat tinggi dan mereka suka berinteraksi dengan kuda lain di sekitar kandangnya. Hal ini terbukti dengan adanya respon dan reaksi terhadap kuda di sekitar kandangnya. Misalnya, satu ekor kuda beristirahat, berdiri, atau makan maka dengan spontan akan diikuti oleh kuda di sekitarnya. Tingkah laku seperti itu juga terjadi pada saat kuda berada di lapangan rumput.

Jenis1

Akan tetapi, tingkah dari kuda tidak lepas dari manajemen yang rutin. Tingkah laku yang normal termasuk mendominasi teman-teman atau patuh pada kuda di sekitarnya, walaupun mereka tak pernah kontak secara fisik langsung. Biasanya saat keluar dari kandang, kuda ingin bersama-sama dengan kuda lainnya. Selain itu, tidak bisa dipungkiri bahwa sifatnya dalam kandang akan sama pada saat di lapangan rumput.

Loading...

Aturan-aturan dan gangguan yang terjadi di kandang atau masalah keturunan akan mempengaruhi tingkah laku kuda tersebut. Pemilik atau manajer kuda adalah seperti orang tua yang menerapkan pendidikan pada anaknya dengan dua cara. Pertama, mereka senang dengan aturan yang kaku dan rutin. Kedua, mereka mendidik secara fleksibel dan bervariasi. Umumnya kuda menyukai aturan yang fleksibel sehingga mereka merasa nyaman dan akan mempererat hubungan mereka dengan pemiliknya.

Ada kalanya kuda memperlihatkan tingkah laku yang tidak seperti biasanya. Dengan pengalaman serta mengenal tingkah laku kuda, kita dapat mengetahui apa yang terjadi dengan kuda. Berikut adalah tingkah laku tidak normal yang sering terjadi pada kuda.

  • Gejala sakit: perubahan tingkah laku dapat menandakan adanya gejala sakit pada kuda. Misalnya dengan mengais-ngais lantai, memutar-mutar ekor, atau menggaruk-garuk perut. Hal ini disebabkan oleh adanya gejala penyakit sehingga pemilik kuda atau ahli kesehatan bisa mengklasifikasi jenis penyakit tersebut dan selanjutnya bisa diberi perlakuan.
  • Meniru-niru, contohnya sebagai berikut.

– Menggigit benda di sekitarnya.

– Menggerak-gerakkan lidah.

– Menggerak-gerakkan bibir.

– Berputar-putar dalam kandang.

– Mengibas-ngibas ekor.

– Menendang tembok kandang.

– Menggigit-gigit badan sendiri.

Tingkah laku tersebut bisa diatasi atau dikurangi dengan mengevaluasi tingkah tidak normal dan melaksanakan manajemen yang baik. Atau dengan melakukan latihan tingkah laku normal. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat kuda merasa senang.

  • Memberi makan kuda lebih baik dalam jumlah sedikit, tetapi sering dan teratur. Kuda lebih suka dibawa keluar dan makan rumput sepanjang hari.
  • Kuda adalah makhluk yang suka rutinitas dan keteraturan.
  • Kuda suka mengunyah lebih dari 5.000 kali sehari dan tidak bisa berhenti. Hal ini terkadang dilakukan untuk menghidari kebosanan.
  • Kandang yang nyaman dan hangat dengan alas yang tebal adalah hal yang dibutuhkan oleh kuda setelah bekerja atau keluar. Perlakuan ini dapat mempengaruhi otot kaki dan persendiannya. Tidak hanya itu, mereka akan pulang ke kandang dengan rasa aman dan tenang. Pastikan ventilasi terbuka bebas dari debu dan bisa memandang ke kuda kuda lainya. Hal ini berkaitan dengan sifat kuda yang suka kebersamaan. Selain itu, kuda suka berdekatan seperti kelinci atau angsa.
  • Kuda merupakan hewan yang suka berkelompok. Oleh karena itu, bawalah kuda keluar bersama kuda lainnya.
  • Kuda sebaiknya dilatih atau dinaiki setiap hari agar kuda tidak merasa bosan dan jenuh. Kalau tidak ada kegiatan, kuda akan merasa seperti anak yang bodoh.
  • Dalam melatih atau mempekerjakan kuda, tidak pula harus terusmenerus sepanjang hari. Beri kesempatan untuk istirahat, kudasuka beraktivitas, tetapi juga suka beristirahat. Dengan latihan yang cukup, kuda menjadi enak makan dan pencernaan baik sehingga mengurangi risiko kolik. Kuda sebaiknya dilatih setelah satu jam selesai makan dan diberi makan setelah satu jam selesai latihan atau kuda sudah tidak capek lagi.

Kuda adalah hewan yang kuat, pintar, sensitif, dan agresif. Dalam penanganannya, kita harus hati-hati dan mengerti tentang tingkah laku kuda tersebut. Kuda mempunyai daya ingat yang lebih baik dari manusia sehingga dia tetap ingat apa yang telah kita perlakukan terhadap mereka. Selain itu, kuda adalah hewan yang sensitif, ia suka dielus dan diajak berbicara. Oleh karena itu, dalam penanganan kuda perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

 

Sumber:  Buku Kuda

 

Loading...
Loading...