Mengenal Tumbuhan Kembang Merak

Kembang Merak

A. Nama

  1. Nama ilmiah : Caesalpinia pulcherrima (L.) Sw.
  2. Nama daerah : merakan (Jawa), kembang patra kembala (Sunda), perak kegel (Madura), bunga kacang (Sulawesi Utara), jambul merak (Melayu).
  3. Nama asing : siak tiek hug (Cina), peacock flower (Inggris).

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Bunga kembang merak memiliki rasa manis, tawar, dan bersifat netral. Beberapa bahan kimia yang terkandung pada bunga kembang merak, diantaranya tanin, gallic acid, resin, zat merah, dan benzoic acid. Pada daunnya terkandung alkaloid, saponin, tanin, glucoside, dan calcium oksalat. Sementara pada kulit kayu terkandung plumbagin, lumbagol, tanin, zat samak, alkaloid, saponin, dan kalsium oksalat. Efek farmakologis yang dimiliki oleh bunga kembang merak, di antaranya, rnelancarkan sirkulasi darah dari haid, abortivurn, dan emenagogum. Selain itu, kulit kayu kembang merak mempunyai efek kelat dan berfungsi sebagai peluruh haid.

C. Bagian yang Digunakan dan Pemanfaatannya

Bunga, daun, dan kulit akar kembang merak dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit sebagai berikut.

  1. Diare akut

Tumbuk halus 5 g kering atau 10 g segar kulit batang kembang merak, lalu seduh dengan 100 cc air panas dan minum dua kali sehari.

  1. Hepatitis

Rebus 30 g daun kembang merak dan 30 g daun serut (Streblus asper Lour.) dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring, lalu minum saat hangat dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

  1. Kejang panas pada anak

Cuci bersih 5 kuntum bunga kembang merak, ¼ genggam daun kembang merak, 3 jari akar kembang merak, dan 3 jari kulit batang kembang merak. Tumbuk halus semua bahan lalu tambahkan air garam secukupnya. Gunakan untuk menggosok leher, punggung, dan kaki anak.

  1. Panas

Seduh 5 g kering atau 20 g segar bunga kembang merak dengan 1 gelas air panas. Minum air seduhan saat hangat.

  1. Perut kembang
Baca Juga:  Khasiat Paprika, Bagus untuk Mencegah Katarak

Tumbuk halus daun kembang merak, alang-alang, dan bawang putih secukupnya sampai menjadi bubur. Balurkan campuran bahan pada perut sebagai obat luar.

  1. Sariawan

Rebus 30 g daun kembang merak dengan 4 gelas air sampai mendidih, lalu gunakan untuk berkumur.

Catatan: wanita hamil dilarang minum ramuan ini.

 

Sumber: Buku 262 Tanaman Obat dan Khasiatnya

 


loading...