Mengenal Usus Besar Pada Kuda

0

Pertanianku Usus besar terdiri atas bagian kanan dan kiri dorsal kolon serta bagian kanan dan kiri ventral kolon. Usus besar memiliki panjang 3—4 m dan kapasitasnya dua kali sekum. Sekum dan kolon adalah pelebaran dari pintu gastrointestinal untuk melengkapi proses fermentasi makanan oleh mikroorganisme. Feses mengandung bakteri lebih dari ½ berat keringnya.

Bakteri bisa mengeluarkan enzim yang dapat menganalisis kembali selulosa, hemiselulosa, pektin, dan lignin menjadi bagian komponen yang dapat diserap. Akan tetapi, proses ini lebih lambat dibandingkan dengan pencernaan dari protein, zat pati yang tertahan oleh aliran hasil pencernaan yang menyebabkan mikroba fermentasi beradaptasi. Sebagian besar hasil pencernaan mencapai sekum dan ventral kolon dalam waktu tiga jam sejak makan. Sekitar 24 jam untuk menghasilkan 10% bahan sisa, 36 jam untuk 50%, dan 65 jam untuk 95% bahan sisa. Bahan sisa ditempatkan pada usus besar.

Waktu pengeluaran bahan sisa dipengaruhi oleh bentuk fisik dari bahan makanan. Seperti bahan makanan bentuk pelet, lebih cepat pembuangannya daripada bahan makanan dari jerami yang panjang atau rumput segar yang lebih cepat dari jerami. Dinding dari usus kecil atau usus besarberbentuk longitudinal dan melingkar. Dengan demikian, memungkinkan bahan yang dicerna dapat tercampur dengan cairan sehingga terjadi penyerapan dari hasil pencernaan. Gerakan usus akan meningkat selama kuda makan.

 

Sumber:  Buku Kuda

loading...
loading...