Mengenal Varietas Baru Melon Unggul

Pertanianku – Baru-baru ini terdapat varietas baru melon unggul, yakni melon kirani. Melon ini memiliki cita rasa manis. Melon kirani merupakan rock melon yang memiliki kulit berwarna putih susu tanpa jaring. Melon jenis ini memiliki tekstur daging yang lembut. Bahkan, Anda dapat mengambil daging buahnya menggunakan sendok.

Mengenal Varietas Baru Melon Unggul

Jenis melon lainnya adalah manika yang merupakan melon berjaring dengan daging melon yang berwarna putih kehijauan. Keistimewaan melon manika adalah rasanya yang manis, wangi, dengan tekstur daging yang lunak. Keunggulan melon ini adalah kulitnya yang berwarna kuning. Bobot melon manika sekitar 1,5–2,5 kg. Melon manika dapat dipanen setelah umur 60 hari setelah masa tanam.

Loading...

Menurut pembudidaya melon di Muarakarang, Jakarta Utara, Tatang halim seperti dilansir dari Majalah Trubus (30/8), kunci sukses untuk menghasilkan melon berkualitas terletak pada perawatannya, seperti mengaplikasikan dengan teknik budi daya hidroponik atau menggunakan greenhouse. Melalui hal tersebut pembudidaya hidroponik dapat memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Selain itu, pembudidaya dapat dengan leluasa mengontrol tanaman.

Hingga saat ini buah melon yang memiliki kualitas baik masih sangat sulit ditemukan di pasar tradisional. Hal ini karena masih banyaknya petani buah yang lebih mengutamakan keuntungan daripada memprioritaskan kualitas buah itu sendiri.

Menurut Tatang, salah seorang pembudidaya buah, banyak petani memberikan unsur nitrogen yang banyak dan mengurangi unsur kalium dan fosfor karena mempertimbangkan harga. Pasalnya, harga nitrogen lebih murah jika dibandingkan dengan kalium dan fosfor. Padahal, jika nitrogen yang diberikan cukup banyak dapat memicu buah menjadi besar, tetapi tekstur daging buah menjadi tipis.

Sumber: Majalah Trubus

Baca Juga:  Cara Merangsang Tanaman Buah Berproduksi dengan Penyiraman Air
Loading...
Loading...