Mengenal Varietas Cabai TW


Pertanianku – Setiap mendengarkan siaran radio tentang informasi harga sayur-mayur, akan selalu terdengar harga cabai rawit, cabai keriting, cabai merah besar, dan cabai TW. Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan cabai TW? Apa saja varietas cabai TW yang dapat dikembangkan di daerah saya di Cisempur, Bogor, Jawa Barat?

Cabai 1

Pada mulanya, cabai TW merupakan nama pemberian pedagang cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, untuk jenis cabai baru dari Taiwan, yaitu cabai hot beauty. Cabai ini mulai ditanam di Indonesia sejak tahun 1987-an. Saat itu, jenis cabai ini sangat mudah dibedakan dengan cabai merah besar lokal yang berasal dari Brebes karena warnanya yang merah menyala dan teknik penanamannya sudah modern. Oleh karena warna dan teknik penanamannya, kualitas buah yang dihasilkan pun sangat bagus. Namun, karena di pasaran telah muncul berbagai macam cabai sejenis hot beauty, semua cabai merah besar hibrida pun akhirnya disebut dengan cabai TW.

Varietas cabai TW yang ada di pasaran saat ini sangat banyak seperti fantastik, gada MK, hot beauty, hero, long chili, red vigor, wonder hot, hot chili, prabu, neggala, srikandi, pilar, panex, profit, dan horison. Hot beauty, prabu, nenggala, dan srikandi mempunyai ukuran buah yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan varietas lainnya.

Untuk daerah Anda di Cisempur, Bogor, Jawa Barat, dengan ketinggian tempat sekitar 400 m dpl, sebenarnya hampir semua varietas dapat dikembangkan, terkecuali long chili. Namun, sebagai percobaan Anda dapat mengembangkan seperti varietas fantastik, hot beauty, pilar, gada MK, panex, dan profit, tergantung ukuran buah yang Anda inginkan.

Baca Juga:  Yuk, Simak Jenis Sayuran yang Meningkatkan Berat Badan
loading...
loading...