Mengenal Varietas Selada

Pertanianku – Selada merupakan salah satu jenis tanaman yang bukan berasal dari Indonesia, tetapi sangat cocok dengan selera orang Indonesia. Umumnya selada dikonsumsi sebagai lalap. Selada baik untuk dikonsumsi karena mengandung banyak mineral dan vitamin yang berguna untuk kesehatan dan mencegah konstipasi (sembelit). Bertanam selada mudah selama tanah yang digunakan mengandung cukup bahan organik dan sinar matahari, serta tidak tergenang air. Selada juga mudah berbunga dan menghasilkan biji sehingga untuk penanaman berikutnya tidak perlu repot membeli biji lagi.

Mengenal Varietas Selada

Dalam klasifikasinya, selada (Lactuca sativa) termasuk dalam family Compositae (Asteraceae). Tanaman herba ini terdiri atas empat varietas, yaitu sebagai berikut.

  1. Selada Kepala (Lactuca sativa var. capitata L.)

Selada ini disebut juga selada kol. Susunan daunnya kompak seperti kepala. Daunnya lebar, membulat, halus, dan lembut. Umumnya, selada ini hanya membentuk kepala bila ditanam di daerah dataran tinggi, kecuali jenis great lakes. Selada kepala ada yang berdaun keriting (crisphead), misalnya pennlake, new york, dan imperial. Selain itu, ada pula yang daunnya tidak keriting (butterhead), misalnya salamander, big boston, dan white boston.

  1. Selada Silindris (Lactuca sativa var. longifolia Lam)

Varietas ini dikenal juga sebagai selada kerucut, selada romain, dan selada cos. Hal ini karena susunan daunnya yang silinder atau kerucut. Bentuk daunnya seperti segi empat memanjang dengan ujung daun lengkung. Tekstur daun keras, kaku, dan agak kasar. Contohnya, yaitu white paris, eiffel tower, little gem, dan superb white.

  1. Selada Daun/keriting (Lactuca sativa var. crispa L)

Tanaman ini membentuk roset yang longgar. Tekstur daunnya mirip dengan selada kepala dengan tepi rumbia. Umumnya, selada daun dipanen dengan cara dipetik daunnya satu per satu. Jenis-jenisnya antara lain black seeded simpson, early curled simpson, dan grand rapids.

  1. Selada Batang/asparagus (Lactuca sativa var. asparagina Bailey, sin. L. sativa var. angustana Irish)
Baca Juga:  Karakter Unggul Jagung Manis yang Disukai Konsumen

Disebut selada batang karena memiliki batang yang berdaging tebal yang dapat dikonsumsi. Daunnya tidak dikonsumsi karena kurang enak dan bertekstur kasar. Selada ini tidak membentuk krop. Contohnya yaitu celtuse, known you seed (taiwan), dan takii seed (jepang).

Loading...