Mengenal Varietas Unggul Anggur


Pertanianku – Varietas unggul yang telah dilepas untuk pengembangan adalah anggur bali (Alphonso lavallee) yang termasuk Vitis vinifera. Setelah matang, buahnya berwarna biru. Varietas anggur putih yakni probolinggo putih dan gros colman mempunyai potensi untuk dikembangkan, tetapi jarang diusahakan dalam skala besar. Anggur varietas sultana’s thompson yang tidak berbiji baik untuk kismis (buahnya kecil).

anggur 4

Saat ini orang menyukai anggur berukuran besar, seperti white malaga, carman, dan isabella. Agar buah anggur menjadi besar, buah yang masih kecil dicelup dalam larutan asam giberelat (GA3) 5—25 ppm (1 ppm = 1mg/l air). Pencelupan dilakukan saat buah sebesar ujung pensil yang sedang bergantung di batangnya.

Buahnya yang telah tua benar (matang) dapat dimakan segar sebagai buah meja. Buah yang telah tua, tetapi belum matang (belum mengandung kadar gula maksimum) tidak dapat dimakan, tetapi dapat dikeringkan untuk kismis. Di Eropa, buah anggur matang dibuat minuman yang dapat memabukkan karena mengandung kadar alkohol tinggi. Pohon anggur tidak dapat dimanfaatkan untuk bangunan atau kayu bakar.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Tips Menanam Jeruk Madu di Perkarangan Rumah