Mengenal Varietas Unggul Jambu Batu


Pertanianku – Jambu biji banyak jenisnya (spesies), yaitu sebagai berikut:

batu 3

  1. Jambu susu. Buahnya bulat, manis sekali, daging buah merah dan putih (bersifat diploid).
  2. Jambu pir. Buahnya berbentuk seperti bohlam lampu (diploid).
  3. Jambu guineense (papua). Bentuk buahnya lonjong (bersifat tetraploid).
  4. Jambu Costa Rica. Buah besar (bersifat hexaploid).
  5. Jambu merah atau jamaika. Bentuk buahnya sedang, manis (bersifat heptaploid dan octaploid). Jambu jamaika mempunyai batang dan daun yang berwarna cerah, kuning, dan ungu.
  6. Jambu liar atau jambu cina. Buahnya kecil sekali dan keras, tetapi bila telah matang menjadi lunak dan manis. Jambu ini buahnya bertandan atau tunggal dan lebat sekali, sangat menarik. Jambu ini sering disebut jambu krikil (bersifat hexaploid). Walaupun demikian, semua jambu biji umumnya berbiji banyak, bijinya dibalut selaput daging lunak manis sekali bila telah matang.
  7. Jambu sukun. Disebut jambu sukun karena buahnya tidak berbiji. Bentuk buah jambu sukun umumnya bulat sampai bulat telur dan tidak beraturan (sifatnya triploid). Ada jenis jambu sukun berukuran besar, disebut jambu “kristal” yang buahnya besar dan manis segar (tidak berbiji atau partenokarpi). Jambu biji yang dianjurkan untuk pengembangan adalah jambu susu merah dan susu putih karena nilai gizinya tinggi dan dapat dijadikan berbagai macam olahan. Dengan rekayasa mutasi melalui sinar γ ( gamma) pada jambu sukun dapat menghasilkan buah ukuran besar.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

 

Baca Juga:  Tips Rahasia Merawat Cabai di Musim Hujan