Mengenal Varietas Unggul Kesemek

Pertanianku – Sampai sekarang belum dikenal varietas unggulnya, kecuali ada kesemek yang berbiji dan ada pula yang tidak berbiji. Namun, adanya biji tidak mengganggu rasanya karena bijinya tidak pahit. Kesemek di luar negeri disebut persimon. Kesemek yang tidak berbiji (partenokarpi) disebabkan bunga jantannya mandul (steril). Warna buahnya kuning emas, rasanya manis sekali.

kesemek 3

Di dunia dikenal banyak sekali persimmon, sekurang-kurangnya ada delapan jenis persimmon, tetapi di Indonesia yang dikenal hanya Diospyros kaki. Buah kesemek yang berbiji, warna buahnya kuning gelap dan rasa buahnya agak kelat (sesuai dengan kandungan tanin). Namun, kedua jenis kesemek ini, rasa buahnya agak keras, kriuk-kriuk mirip buah apel.

Loading...

Tanaman kesemek dapat diperbanyak dengan okulasi, enten (sambungan), dan cangkok atau tunas akar yang tumbuh. Perbanyakan dengan biji akan menghasilkan tanaman yang menyimpang dari sifat induknya (segregasi) karena tanaman kesemek menyerbuk silang. Dengan bibit okulasi, sifat buah tidak berbiji dapat dipertahankan.

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Kelebihan Jambu Air Madu Deli, Jambu Semanis Madu Tidak Berbiji
Loading...
Loading...