Mengenal Varietas Unggul Semangka


Pertanianku – Banyak varietas unggul yang dikembangkan oleh petani di Indonesia. Namun, umumnya benih semangka masih diimpor dari luar negeri (Jepang, Taiwan, dan sedikit dari Eropa).

semangka 4

Varietas semangka yang berkembang di antaranya adalah yamato (berkulit hijau), suika (berkulit hijau kekuningan), new dragon (berkulit hijau blirik), sugar baby (berkulit hijau tua hingga kehitaman). Umumnya, warna daging buah semangka merah atau kuning.

Varietas yang telah berkembang lama di Jawa Timur adalah sengkaling (berkulit hitam) dari Malang. Jenis semangka ini berbiji besar sehingga cocok untuk dijadikan kuaci. Varietas unggul hibrida (triploid) yang terkenal adalah festival queen, asahi myako, dan lucky sweet.

Semua semangka hibrida triploid (seedless) berdaging merah, kecuali golden baby (berdaging kuning). Sementara itu, varietas semangka yang bersari bebas umumnya berbiji (diploid). Semangka suika kuning, sugar baby berdaging merah, crimson sweet berdaging merah, dan sweet princess berdaging merah jambu (pink).

Sumber:  Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Memilih Pisang Jangan Sembarangan, Begini Caranya
loading...
loading...