Pertanianku – Salah dari sekian banyak jenis pot yang biasa di pakai orang untuk menanam adalah pot plastik. Pasalnya pot plastik memiliki sifat kedap air, berbahan ringan, dan mudah diperoleh di toko-toko yang menjual perlengkapan menjual tanaman. Pot yang terbuat dari plastik memiliki berbagai jenis ukuran dari ukura kecil hingga ukuran besar. Untuk pot ukuran kecil memiliki diameter 8 sampai 15 cm. sedangkan pot plastik yang berukuran besar memiliki lebar 17 cm.

Tanaman buah yang bisa ditanam di pot plastik adalah jambu air, jeruk, lengkeng, manga, dan masih banyak lainnya. Namun, pot plastik hanya digunakan untuk masa pertumbuhan pohon saja. Setelah pohon dirasa tumbuh cukup besar maka tanaman harus dipindahkan ke tanah ataupun pot permanen yang menyesuaikan besar pohon tersebut.

keunggulan dari pot plastik adalah harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan pot berbahan lainnya. Serta memiliki  bentuk dan ukuran yang dekoratif dan beragam pilihannya. Mulai dari yang berbentuk seperti ember polos dan berwarna hitam hingga yang mempunyai bentuk yang menarik. Pot plastik memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah bobotnya lebih ringan dan mempunyai tekstur yang lentur sehingga mampu menahan tekanan, tidak gampang retak atau pecah, dan mudah dipindah-pindahkan.

Namun, kekurangannya adalah pot plastik tidak bertahan lama. Biasanya dalam kurun waktu satu tahun pot plastik harus diganti dengan yang baru. Pot plastik tidak mempunyai pori-pori sehingga air tidak dapat merembes melewati dinding pot.

Hal ini akan mengakibatkan sirkulasi udara di dalam pot menjadi tidak lancar sehingga membuat kelembapan lingkungan perakaran menjadi tidak terjaga.  Serta gampang dipengaruhi oleh suhu udara luar. Bila suhu di sekitarnya panas, maka suhu di media tanam yang ada di dalam pot turut naik sehingga tanaman sering menjadi layu. Untuk itu lakukan penggantian pot plastik secara rutin untuk menjaga tanaman tetap indah dan dapat menjadi hiasan baik di dalam dan di pekarangan rumah.

loading...
loading...