Mengenal Walet sarang hitam (Aerodramus maximus)


Pertanianku – Warna bulu walet ini cokelat kehitam hitaman dengan bulu ekor cokelat kelabu. Bulu ekor bercelah sedikit. Kakinya berbulu rata dan lebat. Dalam hal ukuran tubuh, walet sarang hitam termasuk berukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 12 cm. Sepintas, penampilannya sangat mirip dengan walet putih. Matanya berwarna cokelat tua, paruh hitam, dan kaki hitam.

Walet sarang hitam

Tidak seperti walet lain, jenis ini suaranya terdengar mencicit. Seperti jenis walet lainnya, walet ini juga memakan seranggaserangga kecil yang disambarnya ketika terbang. Walet sarang hitam banyak terdapat di Himalaya Timur, Filipina, Palawan, Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Di

Jawa, burung ini merupakan burung langka yang terdapat di daerah kepulauan, di pesisir pantai atau pegunungan kapur. Untuk lokasi sarang, walet sarang hitam lebih menyukai gua-gua kapur. Sarangnya disebut sarang hitam karena air liur untuk membuat sarang bercampur dengan bulu-bulu tubuhnya yang berwarnahitam hingga 80%. Tentu saja, kualitas sarangnya lebih rendah dibandingkan dengan sarang walet putih. Telurnya hanya satu butir. Warna telurnya putih dan berbentuk memanjang. Musim kawinnya sama dengan walet putih. Seperti halnya walet putih, walet sarang hitam juga lebih mudah dibudidayakan dibandingkan jenis walet lainnya.

 

Sumber: Buku Panduan Lengkap Walet

 

Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!
loading...
loading...